Lihat ke Halaman Asli

Meningkatnya Perdagangan Elektronik (E-Commerce) Masa Kini

Diperbarui: 18 April 2016   15:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Apa sih perdagangan elektronik (e-commerce) itu?

E-commerce adalah penjualan atau pembelian barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet yang menyediakan atau dapat melakukan transaksi secara online. Kita dapat berbelanja secara online melalui website yang menyedikan layanan jual beli online. E-commerce akan sekaligus memangkas biaya-biaya operasional.

Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan komunikasi untuk bertanya-tanya dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email, whatsapp, bbm, line, maupun media sosial lainnya.

Perdagangan elektronik (e-commerce) saat ini tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan bagi para pelaku bisnis jual beli, seperti barang elektronik, pakaian, makanan maupun barang dan jasa lainnya. Peminat dari perdagangan elektronik (e-commerce) akan semakin meningkat seiring dengan mudahnya akses internet, konsumsi maupun kebutuhan masyarakat itu sendiri. Kemudahan dan jasa yang ditawarkan juga tetap terus berkembang dengan maraknya perusahaan yang kini saling bersaing.

Dari semua proses yang dilakukan secara manual, berubah menjadi lebih mudah dan sederhana dengan menggunakan teknologi modern. Dengan menggunakan penjualan elektronik (e-commerce) untuk menjual dan memasarkan produk-produknya, produsen tersebut dapat menjangkau banyak pelanggan dari seluruh dunia.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari perdagangan elektronik (e-commerce) yakni:

Ø  memperpendek jarak, karena dimana kita bisa membeli barang atau jasa dengan hanya membuka situs penjualan di internet yang dibutuhkan tanpa harus bersusah payah datang langsung ke tempatnya.

Ø  Perluasan pasar, jangkauan akan semakin luas karena tidak dibatasi oleh letak geografis. Di sini kita bisa menjangkau konsumen tidak hanya di dalam cakupan di negara kita saja, melainkan bisa memasarkan pula ke luar negeri.

Ø  Efisien, karena tidak memerlukan peralatan yang rumit, untuk menjalankannya hanya membutuhkan internet saja. Sehingga dapat menurunkan segala tingkat biaya operasional karena dijalankan secara online. Dengan hanya cuma tinggal duduk di depan laptop atau komputer kita bisa menghemat waktu tanpa keluar rumah.   

Seluruh kegiatan jual-beli yang menggunakan internet sebagai media penghubungnya adalah kegiatan perdagangan elektronik (e-commerce). Contohnya saja toko jual beli online seperti Tokopedia, Lazada, Olx, Berniaga, Bukalapak dan masih banyak sekali yang lainnya. Sekarang banyak orang yang menggunakan Facebook, Instagram, Twitter dan Line untuk mempromosikan produk mereka, dan hasilnya relatif efektif meningkatkan penjualan.

Perkembangan e-commerce seharusnya juga didukung oleh peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan begitu konsumen dapat berbelanja online dengan aman, nyaman dan tidak merasa dirugikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline