Lihat ke Halaman Asli

Desa Plantungan-Blora Menjadi Tujuan Pengabdian Masyarakat PEM Akamigas

Diperbarui: 19 Juni 2024   16:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Humas PEM A

Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas, memiliki kewajiban untuk memenuhi tridharma perguruan tinggi, diantaranya adalah memberikan pendidikan kepada mahasiswa, melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kali ini, tujuan pengabdian masyarakat oleh tim yang diketuai Aditya Dharmawan, salah satu dosen PEM Akamigas ini adalah Desa Plantungan - Blora.

Desa Platungan, adalah satu desa yang berada di pelosok Kabupaten Blora. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi nomor 174 Tahun 2023 tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa Tahun 2023, Desa Plantungan ini termasuk dalam status tertinggal. Oleh karenanya, tim pengabdian masyarakat PEM Akamigas berinisiatif menjadikan Desa Plantungan sebagai daerah tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk bhakti sosial, pemeriksaan kesehatan bagi manula dan sunatan massal (8/6/2024).

Ketua tim pengabdian masyarakat Aditya menyebutkan bahwa target pengabdian masyarakat ini adalah 50 manula dan 15 anak. "Ternyata peminatnya cukup banyak, melebihi ekspektasi kami. Namun karena keterbatasan obat, kami hanya bisa melakukan pemeriksaan kesehatan bagi 53 manula dan sunatan bagi 17 anak."

Meskipun demikian, Kepala Desa Plantungan, Endang Susana menyampaikan banyak terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh PEM Akamigas ini. "Kegiatan seperti ini membantu sekali, karena banyak warga kami yang ingin cek kesehatan namun terkendala banyak hal termasuk biaya. Juga keringanan bagi keluarga yang ingin mengkhitankan anaknya. Momennya sangat pas, karena ini adalah hari terkahir anak-anak sekolah, besok sudah libur."

Bekerja sama dengan tenaga kesehatan dari RSUD Kab. Blora, kegiatan bakti sosial yang digelar di halaman rumah Kepala Desa Plantungan berjalan dengan tertib dan lancar. Demikian pula untuk sunatan, Kepala Desa telah menyiapkan tiga bilik. Sedangan untuk pemerikaan kesehatan, tim kesehatan memberikan pelayanan pemerikaan berupa tensi, dan cek darah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline