Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Ilkay Guendogan Kembali ke Manchester City di Waktu yang Tepat

Diperbarui: 22 Agustus 2024   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilkay Guendogan sewaktu masih bermain di Manchester City. Foto: Adrian Dennis/AFP via Kompas.com

Barcelona menghadapi situasi dramatis pada bursa transfer pemain. Selain gagal mendapatkan tanda tangan Nico Williams, Barca sudah pasti kehilangan Ilkay Guendogan.

Guendogan sebenarnya baru semusim berseragam Blaugrana. Barca mendapatkannya secara gratis dari Manchester City.

Pemain asal Jerman itu tidak mau memperpanjang kontraknya dengan Man City di akhir musim 2022/23. Alasannya karena mau bergabung dengan Barca.

Semusim di Barca bukanlah musim yang kelam untuk Guendogan. Guendogan terbilang sebagai pemain yang memiliki banyak menit bermain bersama Barca di bawah kepelatihan Xavi Hernandez pada musim lalu. Tercatat dia menciptakan 5 gol dan 14 asis selama semusim di Barca.

Tak pelak, kedatangan Hansi Flick yang menggantikan Xavi sebagai pelatih Barca seperti angin segar untuk Guendogan. Sama-sama berasal dari Jerman dan pernah bersama di Timnas Jerman menjadi beberapa acuan jika Gundogan tak sulit mendapatkan tempat utama di Barca di bawah era kepelatihan Flick.

Namun, situasi agak rumit bagi Guendogan lantaran Barca mempunyai beberapa opsi di posisinya. Pembelian Dani Olmo secara tak langsung menjadi ancaman untuk Gundogan. Juga, Fermin Lopez dan Pablo Torre menjadi pemain muda yang lagi naik daun.  

Ditambah lagi dengan situasi keuangan Barca yang belum stabil. Kesulitan Barca membeli pemain disebabkan salah satunya karenan kondisi keuangan dan juga gaji pemain.

Guendogan adalah pemain yang memiliki gaji terbesar ketiga setelah Robert Lewandowski dan Frenkie de Jong di skuad Barca.

Untuk itu, kepergian Guendogan secara langsung meringankan kondisi keuangan. Menariknya, Gundogan memutuskan untuk pulang ke Man City, klub yang pernah dibelahnya selama 7 musim.

Melansir postingan pakar tranfer pemain, Fabrizio Romano pada dinding media sosialnya (22 Agustus 2024) bahwa Guendogan sudah berada di Manchester untuk menandatangi kontraknya atau memastikan kepulangannya ke Man City. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline