Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Fabian Ruiz, Representasi Pemain Terbuang dan Silent Maestro Timnas Spanyol

Diperbarui: 13 Juli 2024   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fabian Ruiz merayakan golnya ke gawang Kroasia.  Foto: ODD Andersen/AFP via Kompas.com

Timnas Spanyol dikenal sebagai salah satu penghasil gelandang berkualitas di dunia. 

Siapa yang tak mengenal nama-nama seperti Xavi Hernandez, Andre Iniesta, Xabi Alonso, Cesh Fabregas, dan Sergio Busquets yang pernah menjadi bagian dari sejarah sepak bola Spanyol meraih trofi Piala Dunia pertama kalinnya pada tahun 2008.

Setelah era para pemain ini berakhir, Spanyol masih menghasilkan beberapa gelandang berkualitas. 

Rodri, gelandang jangkar andalan Pep Guardiola di Manchester City adalah salah satunya. Pedri dan Gavi, dua bintang muda yang bermain di Barcelona.

Peran gelandang menjadi bagian signifikan dari karakter dan gaya permainan Spanyol. Apalagi, gaya Spanyol dengan "Tika-taka" yang kemudian perlahan diubah, tepatnya dipoles oleh Pelatih Luis de la Fuente selama Piala Eropa 2024.

Kendati berubah, peran para gelandang tak ikut berubah. Makanya, Rodri tetap memainkan peran sentral dalam permainan Spanyol.

Di samping Rodri, Spanyol beruntung memiliki Fabian Ruiz. Boleh dikatakan bahwa pemain yang lebih suka dipanggil dengan "Fabian" ini adalah salah satu pemain yang sensasional dari kiprah Spanyol hingga partai final Piala Eropa 2024.


Fabian, Representasi Pemain Terbuang Spanyol

Pelatih Spanyol, Luis de la Fuente tak luput mengakui kehebatan Fabian. "Fabian adalah seorang pemain yang berbeda, kelas dunia," ungkap De la Fuente tentang Fabian.

Pemain yang membela Paris Saint Germain (PSG) itu bisa berperan sebagai gelandang serang, dan bisa juga mendampingi Rodri di sektor gelandang jangkar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline