Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Fenomena Siswa Titipan dan Derita Guru

Diperbarui: 25 Juni 2024   13:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Ruang Belajar. Foto: MChe Lee/Unplash.com via Kompas.com

Edisi Kompas.id tanggal 23 Juni 2024 mengulas secara eksklusif tentang "jalur siluman" dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di awal tahun ajaran baru. 

Seturut laporan media Kompas.id, "terkuak realitas siswa titipan di sejumlah SMA Negeri di Banten, Bali, dan Kepulauan Riau lewat jalur siluman".

Fenomena siswa titipan itu terjadi karena pengaruh dan desakan dari pihak-pihak tertentu. Pihak-pihak itu bisa saja orang-orang yang memiliki kewenangan dan kekuasaan ataukah mereka yang mempunyai jalur kuat "orang dalam" baik di pemerintah maupun di sekolah sendiri.

Realitas ini sangat jelas membahasakan ketimpangan di dunia pendidikan. Ada upaya pelanggaran pada sistem yang telah diatur guna menggolkan kepentingan pribadi.

Sejatinya, pendidikan yang berkualitas diperuntuhkan bagi setiap warga negara, namun yang terjadi adalah penyelewengan dan ketimpangan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

Fenomena siswa titipan itu pastinya kembali menyeruak ke ruang diskusi sebelum dan selama pendaftaran peserta didik untuk tahun ajaran baru pada hari-hari ke depan ini. 

Diskusi itu muncul lantaran, pertama-tama, soal keseteraan dalam penerimaan siswa di sekolah-sekolah tertentu.

Seharusnya, setiap orang sejauh lulus kriteria dan kompetensi tertentu, dia bisa masuk pada sekolah yang dikehendakinya. 

Paling tidak, setiap pihak mengikuti aturan yang berlaku misalnya, salah satunya lewat sistem zonasi dalam pendaftaran siswa baru, sebagaimana yang sudah diatur dan pendaftaran dan seleksi yang mengikuti ketentuan umum.

Dengan ini, pendaftaran dan penerimaan siswa tak bergantung pada status dan posisi orangtua.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline