Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Kejutan untuk Generasi Baru Belgia

Diperbarui: 18 Juni 2024   07:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belgia kalah 1-0 dari Slovakia. Foto: (AFP/ANGELOS TZORTZINIS via Kompas. com) 

Piala Eropa 2024 menjadi awal dari kiprah generasi baru Tim Nasional Belgia. Generasi emas Belgia tampaknya perlahan sudah mulai hilang.

Era sepak bola Belgia pernah memiliki generasi emas lantaran komposisi skuad yang bisa dikatakan berkualitas untuk konteks Eropa dan dunia. Generasi emas Timnas Sepak Bola Belgia itu bahkan dinilai bisa menjadi juara Piala Eropa dan Piala Dunia.

Ada pun nama-nama yang pernah menjadi generasi emas Belgia seperti Eden Hazard, Vincent Kompany, Kevien De Buryen, Romelu Lukaku, Thibau Courtois, Jan Vertonghen, Yannick Carrasco, Asecl Witsel, Toby Aderweireld, dan Axel Witsel.

Hampir tiap lini, Belgia mempunyai pemain yang berkualitas. Akan tetapi, perjalanan terbaik dari generasi emas Belgia tersebut hanya sampai pada semifinal Piala Dunia 2018 di Rusia, yang pada akhirnya meraih tempat ketiga.

Hanya tertinggal beberapa pemain seperti Romelu Lukaku dan Kevin de Bruyne yang menjadi bagian dari generasi emas Belgia yang bermain di Piala Eropa 2024. 

Beberapa pemain yang menjadi bagian dari generasi emas Belgia sudah pensiun, dan ada juga yang tak dipanggil untuk masuk Piala Eropa 2024.

Generasi baru Belgia ditandai oleh pergantian pelatih. Roberto Martinez yang melatih generasi emas Belgia diganti oleh seorang pelatih muda berusia 38 tahun, Domenisco Tedesco. 

Pelatih yang berdarah Italia dan berkewarganegaraan Jerman ini menjadi tanda dan awal dari generasi baru Belgia.

Generasi baru Belgia, memang, masih ditopangi oleh para pemain yang menjadi bagian dari generasi emas. Lukaku dan De Bruyne adalah dua pemain yang menjadi generasi emas Timnas Belgia yang diikutsertakan di Piala Eropa 2025 dan kedua pemain tersebut bisa menjadi mentor untuk generasi baru.  

Kendati demikian, kualitas para pemain dalam generasi baru Timnas Belgia tak berbeda jauh dari generasi emas. Beberapa pemain dari generasi baru tersebut tampil di klub-klub mapan di Eropa seperti Jeremy Doku (Manchester City) dan L. Trossard (Arsenal).  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline