Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Jalan Senyap Andriy Lunin Topang Performa Real Madrid

Diperbarui: 1 Mei 2024   08:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Andriy Lunin, Kiper Real Madrid. Foto: AFP/Javier Soriano via Kompas.com

Klub raksasa La Liga Spanyol, Real Madrid berhasil menahan imbang raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen (2-2) (1/5/24) dalam leg pertama semifinal Liga Champions Eropa 2023/24.

Hasil imbang yang terjadi pada leg pertama di stadion Allianz Arena, markas Muenchen itu menjadikan stadion Santiago Bernabeu, yang merupakan kandang El Real akan menjadi penentu akhir jalan ke partai final di Wembley, London, Inggris.  

Barangkali di kubu Madrid, nama Vinicius Jr. menjadi sorotan dalam laga tersebut. Pemain asal Brasil itu mencetak dua gol, salah satunya memanfaatkan umpan terobosan nan cantik dari gelandang veteran Toni Kross dan satunya lagi lewat eksekusi dari titik penalti.

Sebenarnya, di balik performa apik Vinicius, nama Andriy Lunin tak boleh dilupakan begitu saja. Penjaga gawang asal Ukraina tersebut kembali tampil solid dan berhasil melakukan 3 penyelamatan penting. 

Performa Lunin itu seperti mengulang performa heroiknya pada leg kedua perempat final kontra Manchester City di stadion Etihad. Dalam laga yang berakhir (1-1) dan kemudian ditentukan lewat adu penalti itu, Lunin melakukan 8 penyelamatan penting, dan juga menepis dua tendangan penalti dari pemain Man City. 

Terang saja, nama Lunin bersinar. Tempatnya di bawah mistar gawang Madrid terlihat kian kokoh. 

Penjaga gawang yang berusia 25 tahun itu awalnya didapuk sebagai pilihan ketiga di bawah Thibaut Courtoius dan Kepa Arrizabalaga. 

Courtois yang sudah menjadi penjaga gawang tetap Madrid menderita cedera di awal musim. Madrid sepertinya mengabaikan Lunin lantaran memilih Kepa sebagai pengganti Courtois. 

Akan tetapi, penjaga gawang yang direkrut dari Chelsea itu menderita cedera pada bulan November lalu. Cedera itu melapangkan jalan Lunin yang sudah hampir enem musim untuk mengambil posisi sebagai kiper utama. 

Tanpa ragu, pelatih veteran asal Italia, Carlo Ancelotti memberikan kepercayaan kepada Lonin untuk menjadi palang pintu di mistar gawang Madrid. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline