Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Langkah Awal Agar Mindful Eating Jadi Gaya Hidup

Diperbarui: 10 Februari 2024   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Mindful Eating. Foto: Dok. Shutterstock/kazoka via Kompas.com

Dalam pertemuan di komunitas kami, kami meminta salah seorang dokter yang kebetulan diundang hadir untuk memberikan tips-tips kesehatan. Dokter ini memulai topik pembicaraannya dari situasi yang terjadi dan ditemukan di lingkungan pekerjaannya.

Menurutnya, di provinsi dia bekerja, salah satu masalah kesehatan yang dominan terjadi adalah persoalan sakit ginjal. Persoalan kesehatan itu tak lepas dari pola konsumsi makanan dan minumun.

Oleh sebab itu, dokter itu memberikan beberapa tips yang bermuara pada bersikap bijak dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Termasuk mengontrol diri dalam mengonsumsi makanan berkalori dan juga tak cepat percaya dengan promosi makanan dan minuman.

Misalnya, dia mengambil contoh dari minuman yang menurut label adalah sehat dan tak berkalori. Seturut promosi, makanan itu aman untuk yang mempunyai penyakit gula.  

Namun, menurut si dokter, sejauh minuman berasa manis, selalu ada kalori dan pemanis buatan yang terkandung dalam minuman tersebut. Promosi itu hanya sebagai bagian dari strategi bisnis untuk mendapatkan konsumen.

Secara umum, apa yang disampaikan oleh si dokter sangat praktis dan berkaitan dengan pola hidup kami setiap hari. Dia juga coba mengambil contoh dari makanan dan minuman yang kami konsumsi selama beberapa hari mengikuti seminar. Beberapa di antara makanan itu tak begitu sehat untuk tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Terang saja, apa yang disampaikan membuat kami tertawa. Apalagi, setelah pembicaraan si dokter, kami disediakan makanan dan minuman yang umumnya berkalori tinggi. Alih-alih sadar pada tips yang telah diberikan, umumnya kami seperti mengejek sembari melahap makanan dan minuman yang disedia tanpa berpikir mendalam tips-tips mindful eating.

Padahal, apa yang tersampaikan si dokter itu memberikan masukan berharga agar kami lebih sadar dengan cara kami mengonsumsi makanan dan minuman, daripada kami menyesal di kemudian waktu lantaran pola makan dan minum yang salah saat ini.

Dari penjelasan si dokter, saya pun mengambil beberapa kesimpulan kecil. Kesimpulan itu pun menjadi bagian dari pola hidup yang sering saya praktikan dua tahun terakhir. Hemat saya, hal itu juga menjadi langkah awal untuk membangun mentalitas mindful eating.


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline