Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Pemain Vietnam yang Pernah Dibully Netizen Indonesia Kena Getah Pahit dari VAR

Diperbarui: 13 Oktober 2023   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nguyen Tien Linh, pemain timnas Vietnam. Foto: AFP/Minh Hoang via Kompas.com

Tim Nasional Vietnam melakonkan laga FIFA Matchday kontra China (10/10/23). Laga itu berlangsung di Dalian Sports Center Stadium, China. Tim berjuluk Golden Warriors ini harus mengakui kemenangan China dengan skor 2-0.

Vietnam sebenarnya tampil apik dalam laga ini. Statistik menunjukkan bahwa Vietnam tampil lebih efektif dengan mengandalkan permainan serangan balik.  Walau China mendominasi laga dengan 63 penguasaan bola, Vietnam mampu mencatatkan lebih banyak tembakan ke gawang China daripada sebaliknya.

Tak elak, China baru mampu menjebol gawang Vietnam di babak kedua. Pada babak pertama, kedua tim bermain dengan skor 0-0. 

Keunggulan satu gol China atas Vietnam pun membuat permainan kedua tim makin sengit dan panas. Hingga pelanggaran keras tak bisa terhindarkan. Bahkan, salah satu pemain Vietnam, Nguyen Tien Linh mendapat kartu merah pada menit ke-89.

Tien Linh sebenarnya masuk sebagai pemain pengganti di menit 79. Akan tetapi, 10 menit kemudian Tien Linh melakukan pelanggaran.

Tien Linh melanggar keras bek China, Tyias Browning dengan menyikutnya. Memastikan pelanggaran dan pemberian kartu, wasit kemudian mengecek Video Assistant Referee (VAR). Dari hasil pengecekan, wasit mengubah kartu dari kuning ke merah.

Pengunaan VAR dalam laga antara China kontra Vietnam merupakan bagian dari simulasi demi kepentingan Piala Asia 2023 di Qatar. Teknologi VAR akan pertama Kali dipakai di Piala Asia mendatang dan bisa memberikan dukungan tambahan bagi wasit dalam memberikan penilaian atas pelanggaran yang terjadi di lapangan hijau.

Terbukti, pemberian kartu merah kepada Tien Linh. Berkat VAR, wasit bisa memutuskan pelanggaran yang dilakukan pantas mendapat kartu merah. 

Tentu saja, kerugiannya pada pemain Vietnam, dalam hal ini Tien Linh. Dengan ini, alibi pemain yang melakukan pelanggaran kerap kali tak berdampak saat wasit mengecek aksi si pemain yang melanggar lewat VAR.

Pada titik ini, jika VAR digunakan dengan cara yang teliti, nilainya cukup bermanfaat untuk wasit. Namun, kesalahan juga tak bisa dihindari apabila tim wasit juga tak teliti.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline