Kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) segera diresmikan. Rencananya, presiden Jokowi Widodo akan meresmikan KCJB pada 1 Oktober mendatang.
Akan tetapi, sebelum peresmian itu, Presiden Jokowi ikut melakukan uji coba KCJB. Seperti yang terlansir dari Kompas TV (13/9/23), selain sejumlah menteri kabinet yang ikut dalam sesi uji coba itu, juga terdapat beberapa artis atau selebriti tanah air.
Memang cukup menarik bagaimana Jokowi kerap melibatkan para artis dalam kegiatannya. Tercatat bukan sekali ini saja Jokowi melibatkan dan memanggil para artis untuk ikut berada bersamanya dalam merasakan proyek yang telah rampung dikerjakan.
Paling kurang, ada dua momentum di mana Jokowi juga mengundang para artis, yang mana saat menjajal proyek MRT dan LRT di Jakarta.
Gaya Jokowi itu pasti menyiratkan agenda tertentu. Ya, berbicara tentang para artis, kita membicarakan sosok yang sudah mempunyai popularitas dan mereka memiliki banyak pengikut atau followers.
Umumnya, seorang artis dikenal tak hanya kontribusi mereka di dunia senior, tetapi juga karena postingan-postingan di media sosial. Bahkan, berkat perkembangan media sosial saat ini, kehidupan harian nan pribadi ikut juga diposting dan disebarkan di media sosial.
Karena kedekatan tertentu, para followers tak ragu untuk mempercayai atau juga gampang terbawa perasaan mereka atau kepo dengan kehidupan artis yang mereka diidolai.
Sama halnya juga dengan dampak dari kehadiran para artis dalam uji coba kereta api cepat dari Jakarta-Bandung. Hemat saya, paling tidak dua dampak dari keberadaan para artis dalam uji coba kereta cepat.
Pada tempat pertama, langkah itu bisa menjadi cara mempromosikan proyek yang telah rampung. Kekuatan popularitas dan jumlah pengikut yang banyak dari kaum selibriti bisa dimanfaatkan untuk kepentingan promosi.
Bukan tak mungkin, para artis itu akan menyebarkan pengalaman mereka naik kereta api cepat yang baru rampung. Apalagi pengalaman itu sangat istimewa karena undangan dari seorang presiden.