Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Transfer Efektif Real Madrid dan Langkah Terbalik Barcelona

Diperbarui: 15 Juni 2023   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Real Madrid vs Barcelona. Foto: AFP/Lluis Gene via Kompas.com

Setelah musim kompetesi sepak bola musim 2022/23 berakhir, banyak klub yang mulai sibuk memburu pemain baru untuk musim depan. Kesibukan itu juga diwarnai oleh pilihan beberapa pemain yang meninggalkan klub yang sudah lama mereka bela hingga pilihan untuk gantung sepatu. 

Dua klub La Liga Spanyol, Real Madrid dan Barcelona terbilang klub-klub yang selalu aktif di bursa transfer pemain. Langkah kedua klub ini pun selalu menarik perhatian pecinta sepak bola. 

Alasan pertama karena reputasi besar dari dua klub ini, yang tak hanya kuat di daratan Spanyol, tetapi juga di Eropa. Akibatnya, setiap pemain yang direkrut oleh kedua klub ini selalu mendapat sorotan publik. 

Alasan kedua adalah perihal dalam urusan transfer. Kedua klub tak segan menggelontorkan uang banyak untuk mendapatkan seorang pemain. Juga, kedua klub seringkali menjadi pelabuhan bagi para pemain bintang yang berkiprah di Eropa. 

Bursa transfer pemain belum terlalu panas. Namun, kedua klub sudah aktif melakukan pergerakan dan sudah dikaitkan dengan beberapa pemain bintang. 

Langkah Efektif Madrid

Madrid tampil begitu kalem pada transfer musim lalu. Setelah gagal mendaratkan Kylian Mbappe dari Paris Saint Germain (PSG), Madrid memilih untuk tak mencari alternatif lain dari kegagalan mendapatkan Mbappe. 

Musim lalu, Madrid mendatangkan gelandang bertahan Aurelien Tchouameni (22 tahun) dari AS Monaco dengan harga 80 juta Euro. Lalu, Madrid beruntung saat mendapatkan secara gratis bek tengah Antonio Rudiger dari Chelsea. 

Menariknya, Madrid juga melepaspergikan Casemiro ke Manchester United dengan harga 70.60 juta euro. Harga Casemiro (30 tahun) hampir seimbang dengan harga Tchouameni.  Lalu, Madrid merampingkan skuad dengan membiarkan pemain seperti Isco, Luka Jovic, Marcelo, dan Gareth Bale keluar dari Santiago Bernabeu. 

Langkah Madrid itu cukup bijak dan efektif. Pertama, Ketika pemain yang ditargetkan gagal didapatkan, lebih baik tak mencari pemain lain yang bukan alternatif yang pas dan tak seturut kebutuhan tim. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline