Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Dampak yang Bisa Terjadi Ketika Chelsea Dikendalikan oleh Pemilik Baru

Diperbarui: 2 Maret 2022   19:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika Chelsea menjuarai Liga Champions 2021. Foto: Giuseppe Cacace via Kompas.com

 

Pergantian kepemilikan klub sepak bola kerap menghadirkan dampak-dampak tertentu. Untuk konteks Liga Inggris, di mana tren beberapa klub dikuasai oleh pengusaha kaya, dampaknya bisa meningkatkan performa klub tersebut.

Tentu saja, dampak itu terjadi ketika pemilik klub mengedepankan prestasi klub daripada profit keuangan dari sisi bisnis semata. Karena kalau pemilik klub hanya memikirkan keuntungan bisnis daripada tradisi klub atau pun prestasi, dampaknya juga berat sebelah.

Chelsea menjadi salah satu klub Liga Inggris yang sukses berkat kekuatan finansial dari pengusaha asal Rusia, Roman Abramovich. Trofi terkini dan barangkali yang terakhir bisa dicicipi oleh Abramovich di Chelsea adalah trofi Piala Antar Klub, yang diraih bulan Januari lalu.

Ya, santer beredar kabar jika Abramovich memilih untuk menjual Chelsea. Awalnya, Abramovich menyatakan bahwa Chelsea akan berada di tangan yayasan amal klub Chelsea.

Namun, beredar kabar jika yayasan itu masih berada kuat di bawah pengaruh Abramovich. Hanya nama yang berbeda, tetapi pengaruh Abramovich masih kuat.

Akan tetapi, kabar terbaru menyebutkan bahwa Abramovich mau menjual Chelsea. Melansir berita dari The Guardian.com (2/3/22), pengusaha billionare asal Swiss Hansjorg Wyss menyatakan bahwa Abramovich sudah menempatkan Chelsea dalam daftar jual. Akan tetapi, harga yang ditetapkan terbilang mahal.

Maka dari itu, Wyss melihat kemungkinan untuk melakukan konsorsi dengan beberapa investor agar bisa membeli Chelsea. Bukan hanya klub Chelsea yang masuk daftar jual. Juga, beberapa vila dan aset kepunyaan Abramovich di Inggris juga sudah masuk daftar jual.

Situasi Abramovich ini tak lepas dari situasi konflik antara Rusia dan Ukraina. Banyak desakan untuk memblokir Rusia, termasuk usaha bisnis pengusaha Rusia yang berada di beberapa wilayah terlebih di Uni Eropa.

Beberapa anggota parlemen Inggris secara terang-terangan menyoroti keberadaan Abramovich sebagai pemilik klub Chelsea, yang konon dikabarkan dekat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline