Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

RB Salzburg Beri Awasan untuk Muenchen dan Liverpool Pertegas Supremasi Liga Inggris

Diperbarui: 17 Februari 2022   08:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bayern Munchen ditahan imbang 1-1 oleh RB Salzburg. Foto: AFP/Kerstin Joensson via Kompas.com

Bayern Muenchen menjadi salah satu tim yang mencatatkan rekor terbaik di babak kualifikasi grup Liga Champions. Tak pernah kalah. Produktivitas golnya cukup tinggi. Lini belakang begitu solid karena hanya kebobolan dua kali dari 7 laga.

Tak heran, dalam laga kontra RB Salzburg di Red Bull Arena Salzburg dalam babak 16 besar Liga Champions, Muenchen dipandang sebagai favorit kuat. Bahkan prediksi adanya pesta gol barangkali menaungi pikiran beberapa orang.

Rupanya, konsep bola itu bundar berlaku dalam laga antara Muenchen kontra Salzburg. Hampir saja, Muenchen mengalami kekalahan dari  Salzburg.

Salzburg unggul lebih dahulu dari pemain pengganti Chukwubuike Adamu di babak pertama. Tanpa gol Kingsley Coman di menit-menit akhir, Muenchen bisa keok 1-0 dari tim asal Austria ini.

Hasil imbang yang dialami oleh Muenchen menegaskan tentang aspek kompetetif Liga Champions. Kerap kali prediksi di atas kertas berjalan terbalik dengan hasil di lapangan.

Lalu, konsep kandang dan tandang kadang mempengaruhi mentalitas tim. Bermain di kandang sendiri bisa menjadi motivasi ekstra, tetapi bisa juga menjadi beban karena tak mau menghindari kekalahan.

Sama halnya ketika bertandang ke markas lawan. Itu bisa menjadi kesempatan untuk mengambil poin.Tantangannya, ketika bertandang ke markas-markas tim, yang secara tradisional memiliki atmosfir kuat dalam membendung kekuatan tim-tim lawan. Hanya mentalitas kuat yang bisa menembus dan mengatasi situasi seperti ini.

Paling tidak, Salzburg tak mengalami kekalahan di rumahnya sendiri. Hasil imbang sudah cukup membuat Salzburg angkat kepala. Pasalnya, tim yang dihadapi oleh Salzburg bukanlah sembarang tim.

Bayern mempunyai reputasi kuat di ajang Liga Champions. Hasil di kualifikasi grup sudah menempatkan Bayern sebagai salah satu favorit yang bisa mengangkat Piala Liga Champions di akhir musim.

Dari statistik, Bayern unggul segalanya atas Salzburg. Akan tetapi, laga tak hanya berbicara mengenai statistik. Hasil nyata merupakan tuntutan dari laga untuk format kompetesi seperti Liga Champions. Seri, apalagi kalah bisa mempengaruhi perjalanan tim di Liga Champions.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline