Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Tips Protokol Kesehatan di Pusat Perbelanjaan dari Dokter Reisa dan Pengalaman Pagi Ini

Diperbarui: 23 Juni 2020   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Situasi di Mall. Sumber foto: Reuters/Willy Kurniawan via The Jakarta Post.com

Cara presentasi yang disampaikan Dokter Reisa serupa dengan seorang presenter TV. Percaya diri memberikan informasi tentang perkembangan pandemi Covid-19 di tanah air.

Melansir salah satu berita dari Kompas TV.com (23/6/2020), Dokter Reisa memberikan tips agar menghindari penyebaran virus korona saat berada di mal. Hal di sampaikan dalam konfrensi pers di BNPB pada 22 Juni 2020 kemarin.

Seperti yang dilansir dari Kompas TV, Dokter Reisa sangat menekankan pentingnya bagi masyarakat, baik itu pengelola dan pengunjung mall untuk mengikuti protokol kesehatan a la new normal.  

"Dokter Reisa mengatakan penting bagi pengelola, maupun pengunjung pusat perbelanjaan adalah mulai dari pembatasan jumlah pengunjung, melakukan pemeriksaan suhu tubuh di semua pintu masuk pusat pembelanjaan dan aturan mengenai jam operasional, jam buka dan tutupnya mal" (Kompas TV. 23/6/2020).

Akankah masyarakat sungguh-sungguh patuh mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan di mall?

Soal kepatuhan pada protokol kesehatan, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan jika secara umum masyarakat "belum optimal" menjalankan protokol kesehatan. Hal ini ditunjukkan lewat penambahan kasus baru setiap hari (Kompas.com 23/6/2020).

Pernyataan Achmad Yurianto mempunyai poin kebenarannya. Protokol kesehatan yang diminta oleh pemerintah belum sepenuhnya ditanggapi secara positif oleh masyarakat.

Kita juga bisa melihat jika menjalankan protokol kesehatan di masa new normal bukanlah perkara gampang. Hal ini menjadi rumit karena masyarakat tidak biasa dengan protokol new normal.

Selain itu, masyarakat umumnya barangkali masih nyaman dan terbiasa dengan pola hidup yang lama. Bertolak ke pola hidup baru acap kali membutuhkan waktu. Dalam mana, seseorang perlu menyesuaikan diri. Dalam proses penyesuaian diri ini, ada proses pembelajaran yang melibatkan kegagalan dan keberhasilan tertentu.

Sama halnya dengan penerapan protokol new normal di mall. Bisa saja kesulitan juga akan dihadapi dalam penerapan protokol kesehatan di mall bila menimbang mentalitas masyarakat secara umum.

Penerapan protokol kesehatan di masa new normal juga terjadi di Filipina. Kenyataan menunjukkan jika hidup terus berjalan, termasuk di sektor ekonomi sambil berwasdapa pada penyebaran korona. Untuk itu, protokol kesehatan a la new normal diterapkan. Mengikuti protokol menjadi jaminan di balik aktivitas rutin selama protokol new normal.

Namun, di balik itu agar mewujudkan kepatuhan pada protokol kesehatan bukanlah perkara gampang. Masyarakat juga butuh waktu menyesuaikan diri, baik dengan dirinya sendiri maupun dengan lingkungan di mana protokol new normal itu diterapkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline