Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Cara Berpakaian Kaum Perempuan Bukan Penyebab Aksi Asusila!

Diperbarui: 16 Juni 2020   08:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi cara berpakaian kaum perempuan. Sumber foto: WawShack.com

Tulisan ini terlahir dari sebuah perdebatan beberapa figur publik di Filipina. Memang, ini tidak sehangat kasus Covid-19.

Perdebatan itu menyangkut salah satu cuitan dari kantor polisi sebuah kabupaten di salah satu akun media sosial. Cuitan itu menyatakan jika kaum perempuan perlu memperhatikan cara berpakaian agar mereka tidak mengundang perbuatan asusila dari pihak laki-laki (rappler.com 12/6/2020).

Sontak saja, cuitan ini mendapat pelbagai macam reaksi, kritik dan celaan dari pelbagai pihak. Bahkan ada yang menilai jika kaum perempuan adalah kaum lemah yang perlu dilindungi dan bukannya dipersalahkan jika terjadi perbuatan asusila pada mereka.

Setelah beberapa waktu beredar di media sosial, pernyataan di medsos itu kemudian dihapus. Bahkan kepala polisi yang mewakili kantor polisi sekaligus pemilik akun medsos menyampaikan permintaan maaf dan mengakui kesalahan mereka. Permintaan maaf ini tidak mengakhiri polemik.

Beberapa publik figur ikut terlibat dalam polemik itu. Salah satu publik figur, seorang laki-laki juga menambahkan jika kaum perempuan perlu hati-hati dengan cara mereka berpakaian. Karena dengan itu, dia (perempuan) mengundang hewan buas.

Seorang publik figur, perempuan menanggapi hal ini. Dia mengatakan jika cara seorang berpakaian tidak boleh dipertimbangkan sebagai kesempatan untuk melakukan tindakan asusila.  

Saya sendiri, yang sudah hampir 8 tahun tinggal di Filipina, begitu kaget dengan perdebatan tentang pakaian perempuan. Pasalnya, konteks Filipina terbilang terbuka (open minded) dalam soal berpakaian.

Bahkan jika dibandingkan dengan konteks dari mana saya berasal, cara berpakaian dari beberapa orang di sini juga membangkitkan rasa kaget. Tetapi itu sudah biasa bagi mereka.

Bagian biasa dari cara mereka berpakaian. Barangkali bagi orang lain, seperti saya, yang berbeda konteks, penampilan itu tidak pantas jika diperlihatkan di tempat publik.  Mungkin jika di rumah boleh-boleh saja. Tetapi saat berada di ruang publik, penampilan itu tidak diperkenankan.

Ya, setelah beberapa tahun, apa yang dilihat itu bukanlah lagi hal yang mengagetkan. Biasa-biasa saja. Padahal, sebelumnya kita yang merasa malu dan segan saat berbicara dengan seorang yang berpakaian model tertentu.

Makanya, saya ikut terkejut dengan pernyataan tentang cara berpakaian kaum wanita. Selama ini, orang seolah menerima kenyataan itu sebagaimana adanya. Di pelbagai tempat, kita gampang menjumpai seorang perempuan mengenakan pakaian sexy. Tetapi orang tidak terlalu menghiraukannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline