Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Salam bahagia.
Pada kesempatan ini saya akan membuat tugas pada modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid pada program guru penggerak angkatan 10 tahun 2024. Kali ini tugas yang diberikan adalah membuat rencana rancangan pembelajaran (RPP) yang berpihak pada murid. RPP ini adalah implementasi dari pemahaman saya akan modul 2.1 ini.
Fakta bahwa murid memiliki keberagaman tidak dapat dihindari. Keberagaman ini meliputi segala aspek baik dari latar belakang, kebutuhan belajar, minat yang berbeda, dan gaya belajar. Dalam upaya untuk mengakomodir keberagaman tersebut, perlu dilakukan pembelajaran yang berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang dilakukan berdasarkan tiga aspek yaitu kesiapan belajar murid, minat murid, dan profil belajar murid. Dengan pembelajaran berdiferensiasi diharapkan pembelajaran akan optimal dan memberikan hasil yang baik bagi murid.
Dalam hal ini saya berkesempatan untuk membuat RPP yang berdiferensiasi yang telah disesuaikan dengan kondisi di sekolah tempat saya bertugas. RPP tersebut bisa diunduh Disini
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H