:"Perkembangan Kurikulum dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi"
Perkembangan kurikulum di Indonesia telah mengalami perubahan sejak tahun 1947 hingga sekarang. Kurikulum 2013 masih digunakan, tetapi terdapat perubahan yang
terlihat pada model desain kurikulum, seperti dari sentralistik menjadi desentralistik dan dari teacher-centered menjadi student-centered. Pengembangan kurikulum
dilakukan secara dinamis untuk sesuai dengan perubahan masyarakat dan tuntutan masyarakat. Kurikulum mempunyai kaitan yang erat dengan tujuan pendidikan, dan
pengembangan kurikulum diharapkan dapat berimplikasi pada pencapaian tujuan
pendidikan.
Pengaruh perkembangan kurikulum terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat dilihat pada beberapa aspek. Pertama, kurikulum yang lebih berorientasi pada
kebutuhan masyarakat dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menghadapi
tantangan ekonomi.
Kedua, pengembangan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Ketiga, kurikulum yang lebih berfokus pada pengembangan soft skills dan karakter dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk beradaptasi dengan perubahan