Lihat ke Halaman Asli

Doran Gadget

Doran Gadget adalah distributor wearable gadget di Indonesia. Kami juga berbagi informasi tentang teknologi dan gadget terbaru

Menyimpan Powerbank di Jok Motor, Bolehkah?

Diperbarui: 31 Desember 2021   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyimpan Powerbank di Jok Motor, Bolehkah? | Pexels.com

Apakah  boleh menyimpan powerbank di jok motor? Pertanyaan ini mungkin terlintas di benak Kompasianer yang masih ragu antara meletakkan jok di motor atau tidak. Berikut penjelasannya!

Powerbank merupakan salah satu perangkat yang sama pentingnya dengan smartphone. Alat tersebut memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai dimana saja, termasuk saat bepergian. 

Terkadang saat bepergian menggunakan motor, kita dihadapkan dengan situasi hujan deras dan berniat untuk menyimpan powerbank di jok motor. Lantas, bolehkah kita menyimpannya di jok motor saat powerbank tidak melakukan pengisian?

Baca juga: "Sering Salah Sebut? Ini Perbedaan Headset, Earphone, Headphone, dan Handsfree"

Bahaya Menyimpan Powerbank di Jok Motor

Pexels.com

Dilansir JETE Indonesia, bahaya utama saat meletakkan powerbank di jok motor adalah adanya suhu panas yang terlalu tinggi. Hal tersebut dikarenakan jok adalah tempat yang tidak memiliki cukup sirkulasi udara, sehingga dapat membahayakan perangkat dengan kemungkinan terburuk dapat meledak. 

Apalagi jika di dalam jok terdapat benda lain, misalnya" seperti smartphone maupun benda berbahan kimia seperti parfum. Benda-benda tersebut juga berisiko meledak apabila di simpan di tempat yang sirkulasinya buruk dan bersuhu tinggi. 

Baca juga: "5 Rekomendasi Jam Tangan untuk Olahraga Rutin"

Menyimpan Powerbank di Jok Motor Boleh, Asalkan...

Powerbank boleh saja disimpan di jok motor, asalkan memperhatikan beberapa hal penting. Dilansir dari Kompas.com, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tidak membahayakan kondisi penggunanya: 

  1. Pertama, pastikan bahwa perangkat dalam kondisi yang baik. Anda bisa memeriksa di bagian baterainya, apabila baterai yang digunakan berkualitas tinggi, kecil kemungkinan bahaya yang timbul saat disimpan di jok. Sebab, sebagian besar yang menyebabkan kerusakan maupun ledakan adalah  perangkat dengan kualitas baterai yang rendah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline