Lihat ke Halaman Asli

Pengembangan Web Desa Kalinanas oleh Mahasiswa TIM I KKN UNDIP 2024

Diperbarui: 14 Februari 2024   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Kalinanas 7 Februari 2024 -- Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro 2023/2024, Dony Daniel Amos Simanjuntak, di Desa Kalinanas melaksanakan salah satu program kerja monodisplin yang bergerak dalam pelayanan masyarakat desa, yaitu Pengembangan Web Desa. Program kerja ini ditujukan di salah satu institusi pemerintahan, yaitu bagian Pemerintahan.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Aksesibilitas website desa menjadi salah satu tanggung jawab pemerintah desa dalam pengelolaanya. Sistem Informasi Desa (SID) merupakan salah satu sarana untuk dapat memberikan sebuah informasi dan pelayanan sederhana bagi masyarakat desa, maupun masyarakat luas untuk dapat mengetahui dan mengakses informasi mengenai desa.

Terdapat beberapa peran penting website desa bagi masyarakat, yaitu:

  • Pusat Informasi, Dengan berkembangnya zaman, kebutuhan akan informasi desa bukan hanya didapatkan dari sebuah cetak ataupun media elektronik. Kedua media tersebut pada saat ini memiliki kertebatasan informasi yang disampaikan, sehingga terkadang media tersebut tidak tepat sasaran. Dengan adanya web desa ini dapat memuat banyak informasi terkait desa tersebut, berbagai informasi yang berkaitan dengan desa dapat dimasukan, sehingga masyarakat dapat menjangkaunta kapan saja.
  • Informasi Akurat, Dengan adanya web desa memiliki peran sebagai media koordinasi kemaana desa. Dengan adanya berita hoaks atau berita bohong yang berakibat fatal bagi masyarakat. Pada hal ini, web desa memiliki peran untuk memberikan informasi paling akurat dan terpercaya.
  • Oleh karena itu, pentingnya web desa bagi pemerintah dan masyarakat desa untuk memberikan dan mendapatkan informasi serta layanan yang akurat dan terpercaya. Mengingat penitngnya peran web desa bagi kemajuan desa tersebut salah satu mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro di Desa Kalinanas melaksanakan program kerja monodisiplin, yaitu pengelolaan Data Web Desa di Desa Kalinanas. Dalam pelaksanaan program kerjanya, mahasiswa bekerja sama dengan Kasi Pemerintahan Desa Kalinanas untuk memperoleh data, dan mengolahnya ke dalam Web Desa.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline