Lihat ke Halaman Asli

Donita Lestari

Berbagi Pengalaman itu Indah

Gen 90's, Mau Nonton Film Dilan 1991 ? Baca ini ya!

Diperbarui: 25 Februari 2019   13:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Inget nggak, saat di mana Dilan menjamur bukan cuma di rak buku, tapi juga di angan cewek-cewek yang jadi banyak nuntut pacarnya setelah baca Dilan? Katanya, Dilan itu romantis banget. Dilan itu anu. Dilan itu sesuatu. Well, ada satu pandangan menarik dari abang que yang setelah dipaksa untuk baca Dilan. Dia bilang gini:

"Sebenarnya apa yang diceritain di buku Dilan itu nggak ada yang spesial. Kami yang hidup di generasi itu ya emang begitu. Cewek-cewek emang jaim, dn kami harus berjuang sebegitunya bahkan untuk kenalan ajapun."

Surprisingly, dia jua ngajak temen-temennya untuk  baca Dilan, dan temn-temennya bereaksi sama. Menariknya adalah fakta bahwa doi emang bener. Kalau diteliti, emang ga ada yang menarik dari Dilan. Jaman itu kan ngga ada namanya sosial media. Hp Nokia aja dipake buat main bounce ball sama snake waktu itu. Masih jamannya infra red woi gilaa!! yang kere masih surat-menyurat yaelah!!  Untuk tahu apa yang gebetan kita lakuin, kita beneran harus turun ke jalan. Nanya lah ke BK alamat rumahnya, nanya lah ke tukang parkir plat nomernya (*ini buat apa si??), nanya lah ke teman sebangkunya berapa nomer telepon rumahnya. Ya begitu, generasi yang banyak tanya-pinter bersosial.

Tapi dengan banyak tanya itu mereka jadi banyak tahu. Dari situ, gue ambil kesimpulan bahwa semakin banyak effort yang dikeluarin, maka akan semakin besar juga peluang untuk dapetin gebeta. Pepatah "selama janur kuning belum melengkung" itu bener. Pelet terus!! (*Pepet maksudnya cuiii)

He strikes again! Mentally, gue juga gitu. Dulu ketika chat gue nggak dibales, langsung dah, mellodrama. Langsung dah suudzon. Padahal, bisa aja dia memang lebih menghargai real talk ketimbang chatting. Bisa aja, kan? Makanya, kata abang gue, observe itu penting. Bukan cuma observe di sosial medianya, karena 86% isinya pencitraan. Observe lah kemana-mana selama bisa. Tanya dan tahulan sebanyak mungkin.

"Gue juga dulu gitu, kali. Bela-belain hujan-hujanan ke rumahnya cuma buat nganterin buku bacaan, nyimpen bunga di kolong mejanya pake puisi segala, nongkrongin kantin cuma buat saling liat dan senyum aja. Maksa naik angkot yang sama, sama dia pas balik sekolah. Itu sering ko gue lakuin. Terus, lo tau apa yang terjadi ketika gue nggak lakuin itu lagi?"

Gue tanya apa, dan sudah bisa ditebak jawabannya,

"Dia nyariin gue."

Damn nggak sih? Kunci dari ngedapetin hati seseorang itu, tembak rasa penasarannya! Itu kata abang gue, and honestly it happens here too often. Untuk ukuran cewek kayaknya tembok gue agak tebel, tapi semua itu akan runtuh ketika gue penasaran. Dan di luar sana, gue jakin banyak juga cewek atau bahkan cowok yang ngerasa kaya gini. Bahkan bisa jaid semua oranga kaya gini.

Gue beneran sangat interest nge denger cerita anak generasi 80-93th abang gue. Abang gue ini termasuk cowok-cowok macam Dilan, yang kerjaannya mabal, berantem, dan geng-gengan. Dia tipe observer. Dia ngamatin pattern, baru ngikutin patternya. Ya alhasil lah, cewek manapun mau diajak dinner doangan mah. Urusan bapek belakangan.

Kesimpulan dari sesi interview ini adalah, sejago apapun lo flirting, lo akan kalah sama dia yang konsisten. Lo akan kalah sama dia yang mengamatik dan ngikutin pola. Mental tempe yang dikit-dikit repost quotes OA di Sosial media mah jangan harap. Nah, si Dilan ini adalah contoh konsistenti itu. Yang konsisten gimana caranya dapetin Milea pake caranya sendiri. Doi nggak butuh lah namanya socmed socmed. Yang dia butuhin cuma satu: Nyai (*NYALI! maksudnya) Nyali buat ngajak ngobrol, nyali buat nyamperin, nyali buat nanya, nyali buat ngajak makan ke luar, nyali buat datengin orang tuanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline