Lihat ke Halaman Asli

ISL adalah Kompetisi Inovatif dan Kreatif

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Sepakbola modern tidak terlepas dari inovasi, hal ini dikarenakan tuntutan zaman yang menginginkan hal-  hal baru yang akan menjadi minat masyarakat . Begitu juga halnya dengan ISL yg bisa dibilang sangat inovatif dan kreatif, kita bisa lihat bagaimana sepakbola di ISL dipadukan dengan olahraga lainnya seperti silat, kungfu dan sejenisnya. Ini sangatlah membanggakan mengingat bahwa Pencak Silat adalah olahraga asli Indonesia. Belum ada satupun liga di negara lain yg bisa menyatukan antara bela diri dengan sepakbola,  bahkan Jepang sebagai negara asal Karate pun tidak mampu menciptakan Karate dalam sepakbola. Justru ISL lebih dulu mengembangkannya.

Perpaduan antara sepakbola dan Silat inilah yg menjadi daya tarik ISL di kalangan luas nasional dan menciptakan hiburan tersendiri bagi penikmat sepakbola. Karena ini menunjukkan ciri khas asli gaya sepakbola Indonesia. Di IPL tidak terdapat perpaduan inovatif ini yang mengakibatkan pertandingan di IPL menjadi monoton. Seharusnya KONI dan Menpora harus jeli memanfaatkan karya anak bangsa ini. Pasti akan membawa kebanggan tersendiri bagi bangsa kita di dunia internasional. Perpaduan Sepakbola dan Silat ini sangatlah efektif dlm pola pertahanan yg mampu menahan serangan sekelas permainan Barcelona. Dapat dipastikan seorang Lionel Messi-pun tdk akan bisa lolos dr tackle gaya gunting silat. Bahkan wasit kan berpikir ulang jika memberikan kartu.

Sebaiknya semua pecinta sepakbola nasional mendukung ISL yang inovatif dan kreatif ini, demi kemajuan sepakbola dan sekaligus bela diri pencak silat di Indonesia maupun Internasional. Dukung ISL dalam berinovasi!!!!!!!!!!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline