Lihat ke Halaman Asli

Semangat Gotong Royong Jelang Awal Ramadan

Diperbarui: 15 Mei 2018   18:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto milik smansatoroh.sch.id

Persiapan awal ramadan khusus di daerah tempat tinggal saya, kebiasaan atau tradisi jelang ramadan mungkin sama dengan beberapa daerah lainnya di Indonesia atau daerah tempat tinggal kalian. Dari ziarah ke makam sanak saudara yang sudah tiada, berkunjung atau silaturahmi ke tempat tinggal saudara terdekat, hingga 'bebersih' atau membersihkan masjid di kampung halaman.

Diantara tradisi yang ada, paling umum yang dapat ditemui di daerah-daerah kalian selain daerah saya yakni 'bebersih' atau membersihkan masjid, ya tradisi ini seperti sudah menjadi kewajiban orang-orang muslim di tanah air menjelang Ramadan.

Membersihkan masjid bukan hanya soal tradisi, tetapi membangkitkan semangat gotong royong untuk warga sekitar. Tua, muda, anak kecil semuanya larut penuh keihklasan ikut dalam aktifitas tersebut.

Saya menyebutnya tradisi dalam tradisi. tradisi membersihkan masjid oleh orang-orang muslim tanah air, dan tradisi gotong royong atau tradisi orang-orang indonesia sedari dulu namun mulai memudar di kehidupan sehari-hari saat ini.

ilustrasi gotong royong tugassekolah.com

Banyak hal yang mempengaruhi gotong-royong mulai luntur dan memudar, salah satunya adalah pengaruh globalisasi dimana masyarakatnya mulai sibuk dengan urusannya masing-masing tanpa lagi ada rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Hal seperti ini banyak kita temui di daerah perkotaan.

Oleh karena itu, tradisi membersihkan masjid tanpa kita sadari ikut juga membangkitkan semangat gotong royong bagi kita orang muslim di Indonesia.  Semoga semangat gotong royong kembali bangkit di kehidupan sehari-hari, tidak hanya di awal ramadan. Semangat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline