Lihat ke Halaman Asli

Doni Fernando

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Perbedaan Butter Unsalted vs Salted, Belajar Baking

Diperbarui: 6 Agustus 2021   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hai temen-temen pastry!!! Gimana kabar kalian sehat sehat ajakan , Perkenalkan saya Doni Fernando Mahasiswa STP Trisakti D4 Perhotelan 2019 sekaligus penerima Beasiswa Unggulan dari Kemdikbud Republik Indonesia.

Hari ini aku akan memeberikan tips memilih butter yang bagus dan membahas mengenai perbedaan antara butter salted dan unsalted, bagi kalian sobat pastry yang masih bingung khususnya yang baru mau coba buat produk pastry artikel ini pasti cocok banget buat kalian. Aku bakalan menjelaskan bedanya butter unsalten dan unsalted sesingkat mungkin agar mudah di pahami, LANGSUNG AJA BACA Di BAWAH INI YA !!!

Unsalted butter

dari segi rasa pasti tawar karena tidak memiliki kandungan garam di dalamnya. Dari segi pemakaian unsalted butter sangat multi purpose karena dapat di gunakan untuk semua olahan seperti :

  • Kue kering
  • Cake (Butter Cake, sponge cake, pound cake )
  • Olahan roti
  • Butter cream

Karena rasanya tawar unsalted butter sangat mudah di gunakan karena tidak memberikan tambahan rasa dari produk yang kita buat, dan unsalted butter memberikan aroma wangi yang khas

Salted Butter

dari segi rasa tentu salted butter cenderung asin karena memiliki kandungan garam di dalamnya, untuk pemakaian biasanya hanya untuk olesan roti atau produk pastry yang memerlukan garam seperti Roti manis sehingga kita tidak perlu menambah garam lagi ke adonan pastry tersebut :)

Tips Memilih Butter

Butter sangat mempengaruhi olahan pastry tentunya kita tidak ingin produk kita jelek atau tidak enakkan, di bawah ini adalah cara memilih butter yang baik :

  1. Aroma butter yang khas "aroma susu wangi"
  2. Butter tidak berlendir
  3. Tidak ada penampakan jamur
  4. Tekstur padat dan menyatu "tidak terpisah atau pecah"

Jadi itulah beberapa tips dari aku untuk memilih butter yang baik agar produk yang di buat tidak rentan gagal. Jika ada pertanyaan, tips, kritik, dan masukan buat artikel ini bisa langsung di kolom komentarya. Dukung terus  blog saya biar lebih semangat buat memberikan tips baking. Maaf jika ada kesalahan pengetikan atau tanda baca. terimakasih sudah membaca artikel ini, 

terima kasih :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline