Lihat ke Halaman Asli

Doni

Penulis

Bahaya Teknologi

Diperbarui: 2 Agustus 2023   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Jaman sekarang, segala sesuatunya serba digital, baik itu komunikasi maupun sarana pembayaran elektronik. Tetapi apakah semua teknologi digital tersebut aman?

Beberapa bulan ini seorang kawan saya mengalami penipuan oleh seseorang yang mengaku bekerja di Indosat IM3 (bukan karyawan Indosat IM3 asli) sehingga Whatsapp kawan saya di-hack oleh si penipu. Segala macam cara sudah kami lakukan, tetapi si penipu melakukan verifikasi dua langkah, mengganti email, dan sebagainya, sehingga nomor Whatsapp tersebut tidak dapat kami ambil kembali dan sempat digunakan untuk menipu beberapa teman dari kawan saya ini. Syukurlah kawan saya sudah memperingatkan semuanya, sehingga tidak ada lagi yang terjebak.

Belum selesai masalah tersebut, terjadi lagi di kartu kredit kawan saya itu, dengan modus mengirim segala macam OTP.

Karena gagal mencoba di kartu kredit, si penipu lalu beralih ke OVO, sehingga saldo kawan saya menjadi nol. Entah cara apa yang digunakan oleh si penipu, tapi inilah penipuan yang terjadi, sampai kita tidak tahu sebelum kejadian.

Zaman sekarang ini apa pun bisa terjadi dengan begitu canggihnya. Seiring dengan perkembangan teknologi maka penipuan juga semakin canggih. Karena itu, saya himbau, berhati-hatilah dalam segala hal. Bijaklah dalam menggunakan sarana teknologi, komunikasi, dan digital yang semakin lama semakin canggih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline