Lihat ke Halaman Asli

Dongeng Kopi

Berbiji baik, tumbuh baik!

Seperti Batara Guru dan Batari Durga, Pasangan yang Merawat Kedai Kopi Bersama-sama

Diperbarui: 29 Desember 2023   16:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Batara Guru dan Batari Durga Pasangan kekasih yang sama sama sakti senantiasa bersinergi dan susah sekali dikalahkan. Sumber: Dongeng Kopi

Batara Guru dan Batari Durga adalah representasi dari pasangan sakti raja tiga dunia, yakni Mayapada (dunia para dewa atau surga), Madyapada (dunia manusia atau bumi), Arcapada (dunia bawah atau neraka) dan Dewi yang sangat cantik juga pemberani, beliau juga dikenal sebagai Mahisasura Mardini yang artinya penakluk asura.

Bila hari ini banyak pasangan yang menjalankan usaha kopi berdua saling mengisi, saling menguatkan, kami membayangkan sinergi itu seperti dua insan berpasangan ini. Tangan-tangan menjunjung cangkir, memegang teko, mencangking porta, menggenggam butir kopi, menggepit tuas cek pemanggang kopi, menjawat alat seduh, mencengkam penggilingan demi gelas gelas kopi, cawan kebahagiaan tersaji untuk para pelanggan.

Bisanya yang model demikian akan awet lama usahanya ketimbang kongsi antar dua orang yang dipersatukan hanya semata kepentingan bisnis. Banyak catatan usaha kandas di tengah jalan padahal performa kedai terus menanjak. Faktor uang dan keserakahan, pembagian kerja yang merasa tidak seimbang,faktor performa menurun, ketidak jujuran paling sering jadi biang tumbang sebelum tujuan diraih. Sehingga kedai mejadi tidak berusia panjang. 

Di Jogjakarta, kedai yang jumlahnya sampai ribuan ini setiap hari selalu ada yang buka, pun demikian setiap hari ada yang tutup. Kalau sepasang insan lawan jenis biasanya punya emosional yang lebih kuat saling engalah dan saling mengisi sehingga menjadi sinergi. Apa itu sinergi? sinergi adalah Sinergi berasal dari bahasa Yunani synergos yang berarti bekerja bersama-sama. Sinergi adalah suatu bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal.

Coba sebutkan kedai mana saja dari langgananmu yang dikelola oleh sejoli pasangan yang senantiasa kamu sambangi? Ketik di kolom komentar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline