Lihat ke Halaman Asli

Dongeng Kopi

Berbiji baik, tumbuh baik!

Harga Kopi Naik, Saatnya Kita Kembali pada Puja Bakti Dewi Sri

Diperbarui: 29 Desember 2023   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dewi Sri, Dewi Kesuburan Bagi Masyarakat Nusantara. Dok. Dongeng Kopi

Mitos Dewi Sri merupakan sebuah kepercayaan masyarakat Jawa terutama para petani dalam meminimalisir kegagalan panen. Para petani di Jawa merepresentasikan Dewi Sri sebagai penolong mereka dari keadaan paceklik.

Ketersediaan kopi yang kurang hingga berdampak pada kenaikan harga beras kopi yang cukup tinggi mungkin menjadi refleksi kita bersama, jangan jangan di bagian hulu ada paksaan tanaman tumbuh untuk digenjot terus terusan melimpah dengan rekayasa genetika dan unsur kimia yang membuat tanah jenuh sehingga pada satu titik hasilnya jeblok.

Sudah saatnya sepertinya kita kembali pada kearifan lokal dimana tanah juga butuh waktu untuk pulih kembali dengan unsur hara dan bahan bahan organik sebelum hasilnya kembali seperti sediakala. Kearifan lokal dalam pertanian membentuk sistem religi, yang kaya akan filosofis. Jauh dari sifat tamak dan aji mumpung.

Tanpa kearifan lokal, rantai sosial, ekonomi, dan lingkungan pasti terganggu. Sebab orientasi produktivitas justru mengabaikan akan kelestarian tanah yang sesungguhnya adalah demi pertanian berkelanjutan.

Bayangkan saja dalam satu tahun ini sudah ada kenaikan bahan dasar sampai dua kali dengan rentang kenaikan antara 27-57 persen berdasar keadaan panen tidak bagus. Sehingga barang kurang-kurang.

Padahal tidak penting genjotan produktivitas tinggi, bila ujungnya pada satu titik harus gigit jari lantaran hasil meleset jauh dari prediksi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline