Lihat ke Halaman Asli

Bulan Puasa dan Pasar Kaget yang Tidak Lagi Bikin Kaget

Diperbarui: 27 Mei 2018   22:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Bulan Ramadhan tidak hanya memunculkan fenomena terkait aspek religi dari masyarakat, namun juga munculnya fenomena lain pada aspek sosial ekonomi. Salah satu fenomena adalah munculnya pasar kaget atau pasar dadakan saat bulan puasa tersebut. Pasar non-permanen ini hanya buka pada masa Ramadhan, dan yang menarik dari pasar kaget ini adalah harganya yang relatif miring dengan barang yang beragam.

Jam operasional pasar biasanya pada sore hari dan lokasinya bisa berada di pinggir jalan raya, di depan pasar permanen, di depan kawasan perkantoran, di depan masjid, atau di gang di dalam lingkungan perumahan. Pasar kaget seakan sudah menjadi tradisi di bulan puasa. Jika pada awalnya adalah kumpulan penjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa, pasar kaget sekarang berkembang dengan menjual barang kebutuhan lainnya.

Pasar kaget menjadi salah satu tempat favorit yang hampir setiap hari saya kunjungi selama bulan puasa. Ada beberapa hal yang sering saya jumpai di pasar kaget dari tahun ke tahun, yang sudah tak lagi membuat saya kaget lagi. Apa saja itu?

- Makanan dan minuman takjil

Lazimnya di beberapa pasar kaget yang ada, makanan dan minuman untuk takjil atau berbuka puasa selalu dijual di sini. Kolak, es buah, gorengan, kurma, pecel, atau gado-gado mudah dijumpai di pasar dadakan. Khusus mulai bulan puasa tahun ini, ada salah satu menu yang baru muncul yaitu es kepal milo.

- Baju Lebaran

Barang lain yang bisa ditemukan di pasar kaget adalah baju-baju untuk lebaran. Para penjual pakaian akan menjual baju lebaran mulai pertengahan puasa, biasanya setelah karyawan dan pegawai negeri menerima uang THR.

- Pertukaran 'uang baru'

Selain makanan dan baju lebaran, kegiatan menukar 'uang baru' juga ada saat menjelang akhir bulan puasa. Uang dengan tampilan fisik yang bersih dan baru keluar dari bank ini banyak dicari untuk diberikan kepada anak-anak saat hari lebaran.

- Jalanan macet

Di sisi lain, keberadaan pasar kaget ini kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas menjelang buka puasa. Badan jalan yang pada hari-hari biasa hanya dipergunakan oleh kendaraan, harus bertambah bebannya dengan adanya lapak-lapak yang berisi barang dagangan tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline