Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan, dalam cara orang menjual dan membeli produk. Pembeli semakin dimanjakan dengan jasa pemesanan online, yang dinilai lebih praktis dibanding harus repot datang langsung ke lapak penjual.
Trend online shop yang melesat cepat tahun-tahun belakangan ini tak urung membuat banyak UMKM ketar-ketir. Untuk mempertahankan usahanya mau tak mau penggiat usaha dan industri kecil menengah, harus mengikuti trend digital marketing.
Maka dari itu UMKM zaman now harus punya toko online dan bekerjasama dengan applikasi fintech dan e-commerce.Tapi mengubah kebiasaan manual menjadi digital tentu saja tidak mudah.Ada banyak tantangan yang dihadapi UMKM.
Misalnya Lina Wati (44) wirausaha Keripik Pensi dari Malalo -- Sumatera Barat sempat bingung,bagaimana memulai digital marketing untuk memasarkan produknya.Ibu dua anak yang merintis usahanya sejak tahun 2017 mengaku gaptek -- gagap teknologi. Membuatnya kesulitan untuk melakukan promosi di media sosial dan membuka toko online.
Berkah Digitalisasi Bagi UMKM
Nah, salah satu lembaga yang gencar mendorong pertumbuhan UMKM adalah Bank Rakyat Indonesia. BRI yang sudah berdiri sejak tahun 1895 - HUT127BRI - punya misi mengutamakan pelayanan segmen mikro,kecik dan menengah.
BRI tidak hanya membantu permodalan BRIPahlawanFinansial UKM. Bank pemerintah pertama ikut membantu memasarkan produk unggulan UMKM di BRILianpreneur. BRI juga aktif mendampingi UMKM dalam menghadapi era digital marketing 4.0.
Untuk menyiapkan UMKM memasuki era Marketing 4.0 yang membaurkan interaksi online dan offline antara pelanggan dan pengusaha. Jadi selain pelatihan dibidang managemen usaha, BRI juga memberikan pelatihan yang berkaitan dengan digital marketing.
Seperti Pelatihan Strategi Pemasaran Produk yang baru saja diadakan Bank BRI dan Rumah BUMN Padang Panjang di Malalo Batipuh Selatan- Sumatera Barat 7 Desember 2022 lalu. Pelatihan kelompok Usaha Kreatif Masyarakat Malalo (UKEMMA) diharapkan meningkatkan kecakapan digital nasabah UMKM BRI.
Keuntungan Pemasaran Produk Secara Online Bagi UMKM
Penggiat UMKM yang belum mendapat kesempatan ikutan pelatihan mungkin bertanya,apa keuntungan mempunyai toko online dan digital marketing?
- Mempercepat Proses Keputusan Membeli