Lihat ke Halaman Asli

Rahma dona

wiraswasta

Tuak Bukan Es Kacang

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1390112688186977715

Amir ( 3 SD ) kehausan sepulang sekolah . Di sebuah gerobak ,di antara ciki yang bergantung ada sepanduk “Es Kacang “yang begitu mengoda . Terbayang , segar dan manisnya segelas Es kacang . Amir , membeli Es Kacang di gerobak itu . Penjualyangotaknya konslet , langsung memberi tanpa menjelaskan .

Tiba di rumah ,Amir sudah mulai pusing dan mual-mual .

Melihat anaknya teler , Ibu Amir bertanya

“ Amir kamu tadi minum apa ?

“Es Kacang “ jawabAmir terhuyung-huyung.

Selainempek-empek , model dantekwanada Es kacang merah yangkhas Palembang .Hampir semua warung empek-empek di Kota Palembang menyajikanEs Kacang merah , sebagai penyegar. Air rebusan kacang merah , ditambah gula pasir . Kalau saja , kacang nya tidak ikut di sajikan maka sulit membedakan nya dengan segelas Susu Coklat .Lantaran warna dan rasa yang beda-beda tipis ,anak-anakmenyukainya . Selain mengusir haus ,Es kacang ini jugalumayanbikin kenyang .

TAPI sekarang HATI-HATIbeli EsKacang di Palembang , kenapa eh kenapa ?

Tahun – tahun terakhirada istilah baru “ES KACANG tuak “di Palembang .Jangan terkecoh , Es kacang yang ini , tidakada hubungan apapun dengan Es Kacang Merah . Mungkin juga karena warna tuak yang BUTEK kecoklatanmengilhami nama itu .

Kenapa mereka tidak mengunakan istilah ES TELER ?

Es Teler hmmmmm terdengar begitu biasa-biasa banget tidak ada unsur rahasia dan kejutan . Nama samara Es Kacang , lebih mengelitik .

Yang bikin saya khawatir , produsen Es kacang tuak melakukan ekspansi sampai ke gerobak-gerobak rokok di jalan-jalan kota Palembang . Di gerobakyang menjual rokok ,permen dan ciki –cikian tanpa malu-malu menempel pengumuman “SEDIA ES KACANGtuak” . Kebetulan suatu hari, saya sempat melihat  datangnya Tuak -tuak itu ke pengecer . Tuak di kemas , dalam jerigen dan botol air mineral ukuran 1 liter.

13901127491468346594

James Bond mintaMartini nya“shaken, not stirred “dikocok bukan diaduk . Para pengemar Es Kaang Tuak bisa minta di Blender .

Saya sudah merinding, melihat begitu mudahnyaanak-anak membeli AIBON di warung. Pedagang pasti tahu , mana yang memakaiAibon untuk prakarya sekolahatau anak yang mengunakanya untuk Fly . Lalu sekarang , muncul istilah baru “ES KACANG” yang bikin anak-anak ngiler . Tidaksemua orang , paham apa yang di maksud dengan TUAK . Apa lagi anak-anak  ,yang baru melek huruf.

#Photo jepretan sendiri dan cuplik dari internett.#

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline