Lihat ke Halaman Asli

H.D. Silalahi

orang Tigarihit

7 Keuntungan Membangun dan Memiliki Fregat Iver HuitFeldt Class Ship

Diperbarui: 12 Juli 2020   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iver Huitfeldt Class Ship/Military Today.com

Setelah melalui proses seleksi yang panjang, akhirnya Kementerian Pertahanan menjatuhkan pilihan pada pengadaan kapal perang jenis Iver Huitfeldt Class, sejenis dengan Fregat milik Angkatan Laut Denmark. Tidak lama setelah kontrak awal ditandatangani, di berbagai forum militer mulai berseliweran isu bakal spesifikasi calon fregat kita ini. Disini saya tidak mau membahas hal itu, saya hanya mencoba merangkum keuntungan yang  Indonesia dapatkan jika berhasil melaksanakan proyek ini.

Untuk lebih ringkasnya mari kita kupas 7 keuntungan memiliki dan membangun kapal ini :

1.  Tranfers of Technology (TOT)

Para Insinyur di PT. PAL akan mendapatkan keahlian dalam pembuatan kapal besar dengan spesifikasi militer, meskipun PT. PAL sudah         berpengalaman memproduksi kapal tanker dengan ukuran 50.000 DWT,tetapi membangun kapal sipil sangat berbeda dengan membangun kapal dengan spesifikasi  militer.

2. Cetak Biru (Blue Print) Desain Kapal Frigate

Sesuai dengan berita yang beredar, pola pengadaan kapal ini sepertinya mirip dengan Proyek Arrow Head 140  AL Inggris, desain Fregat Iver  Huitfeldt   ini hanya sebagai desain awal, desain akhirnya akan menyesuaikan kebutuhan TNI AL.

3. Radar AESA

Sesuai dengan rencana, TNI AL akan menjadi matra yang pertama kalinya menggunakan Radar AESA, seperti dikutip dari rilis berita  Kementerian  Pertahanan, Fregat ini akan dilengkapi produk Hensoldt  yaitu  Fixed Array AESA radar TRS-4D.

4. Modularitas

Karena Rancang Bangun Kapal ini bersifat modular, untuk kedepannya pembangunan kapal ini tidak hanya terbatas  pada jenis fregat saja, platform kapal ini dapat diproduksi untuk kebutuhan OPV ,Kapal Markas dan Support Ship.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline