Lihat ke Halaman Asli

KKL dan segala kenangan

Diperbarui: 29 Januari 2024   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mahasiswa PBA UMY

Kegiatan KKL atau Kuliah Kerja Lapangan merupakan kegiatan wajib yang harus di ikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, setiap angkatan akan memilih beberapa negara yang akan dj jadikan sebagai tempat melaksanakannya KKL. Pada kesempatan KKL PBA UMY yang diakan tahun 2024 ini, mahasiswa PBA Angkatan 2020 menetapkan Negara Singapur, dan Malaysia sebagai tempat dilaksanaknnya KKL tahun 2024. Penetapan 2 Negara Jiran tersebut telah di sepakati oleh semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan KKL PBA UMY 2024 ini.

   Berbiacara soal pengalaman, first impression ku pada saat sampai di negara pertama yakni Singapur adalah sambutan hangat dari Oma, siapa itu beliau, Oma adalah Tour Guide kami pada saat pelaksanaan KKL khusus nya selama di Singapur, walaupun sudah berkepala 7 tidak sedikitpun semangat nya luntur, bahkan beliau sangat antusias dan energic dengan kami semua, lalu hal yang benar-benar dapat membuat ku speechless adalah Ketika melihat suasana lalu lintas Negara Singapur ini. Tata kelola yang baik benar-benar membuat saya imperessive. Kemudia tempat-tempat yang kami datangi selama di Singapura antara lain Jewel di Terminal 1 Changi Airport, The most iconic place of course The Merlion, Arabic Street, Masjid Sultan, Garden By The Bay, dan Universal Studios. Sebenarnya tujuan kami ke Singapur itu hanyalah Day Trip, kemudian selepas Magrib kami melanjutkan perjalanan kami menuju negara yang kedua yaitu Malaysia.

 Hari pertama di Malaysia kami langsung melaksanakan kegiatan akademik kami yang pertama yaitu kunjungan dengan Universiti Sains Islam Malaysia atau yang biasa disingkat USIM. Dilanjut dengan hari kedua kami di Malaysia kami melaksanakan kunjungan ke Universiti Teknologi MARA atau yang biasa di singkat UiTM. Hal yang saya dapat dari meraka adalah banyak agenda-agenda ke-bahasa arab an bahkan kegiatan dalam kelas juga menggunakan Bahasa arab, dan lingkungan berbahasa yang lebih disiplin dan tersistem sehingga mahasiswa disana mau tidak mau berbahsa arab.

 Selain melaksanakan kegaiatn akademik disana, pasti nya banyak juga tempat-tempat yang kami kunjungi selama di Malaysia baik tempat hiburan, tempat ibadah, situs Sejarah, dll. Antara lain Masjid Putra, Istana Negara Malaysia, Dataran Merdeka, KLCC, I-City, Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz, Kampung Baru yang merupakan salah satu sudut kota Kuala Lumpur yang mayoritas disana merupakan orang Indonesia yang menetap, bahkan kami juga mengunjungi TPA milik cabang Muhammadiyah yang ada di Malaysia.

 Mungkin itu saja beberapa cerita dari kegiatan KKL kemarin, saya pribadi sangat bersyukur bisa mengukuti kegiatan tersebut karena untuk pertama kali nya saya melaksanakan perjalanan keluar negri, dan bersamaan pula dengan teman-teman saya yang saya senangi. Semoga dilain waktu kita bisa melaksanakan kegiatan seperti ini lagi, kumpul Bersama lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline