Lihat ke Halaman Asli

Berpikir Positif

Diperbarui: 10 Februari 2024   05:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock


Berpikir Positif

    Kata pikir merupakan akar kata dari berpikir, yang memiliki arti akal, ingatan. Sementara berpikir merupakan suatu kegiatan menggunakan akal untuk mempertimbangkan, memutuskan sesuatu, menimbang-nimbang dalam ingatan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa manusia memiliki akal atau pikiran yang menggerakan seseorang untuk melakukan kegiatan yang dinamakan berpikir. Berpikir ada yang bersifat negatif dan ada juga yang bersifat positif. Ada kalanya manusia berpikir secara negatif dan berdampak negatif pula, namun ada juga yang sebaliknya dengan bepikir positif dan berdampak positif. Berpikir positif adalah suatu bentuk pemikiran yang terbiasa mencari hasil terbaik dari kondisi terburuk.[1]

    Berpikir positif juga merupakan salah satu cara berpikir yang menghasilkan suatu hal yang baik. Seseorang yang berpikir positif bukan menganggap hal negatif dan juga memilih untuk menolak hal tersebut. Pada faktanya berpikir positif mencari,mengharapkan yang terbaik meskipun sekitar terlihat buruk. Seorang pemikir positif memilih untuk tidak memfokuskan diri pada kemungkinan yang terburuk melainkan berusaha melihat sisi negatif dari keadaan yang buruk. Berpiki positif berarti memilih untuk menghadapi tantangan hidup dengan pandangan positif.

    Seseorang yang berpikir positif memiliki sikap yang optimis, mampu melihat harapan, kesempatan, hal baik dalam situasi apapun. Hal ini memiliki dampak baik bagi kesehatan mental seseorang. Sebuah penelitian menunjukan bahwa berpikir positif dikaitkan dengan angka kematian yang rendah. 

Hal ini menunjukkan bahwa berpikir positif tidak hanya berpengaruh pada kondisi mental saja namun juga pada kondisi fisik. Dapat disimpulkan bahwa berpikir positif adalah kemampuan yang berkaitan dengan konsentrasi, perasaan, sikap, prilaku, emosi, dan sudut pandang untuk menilai sesuatu dari sisi positif atas keadaan diri, orang lain dan segala sesuatu yang terjadi di sekitar. Berpikir positif membantu indivifu memiliki karakter mental yang positif, optimis, kreatif, serta memiliki keyakinan atau harapan tentang segala sesuatu yang terjadi di lingkungannya.

[1] Norman Vincent, The Amazing Result of Positive Thinking (London: Random House UK,2007




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline