Lihat ke Halaman Asli

Dompet Sosial Madani

VISI Menjadi pusat kebajikan untuk membangun keharmonisan masyarakat MISI Menggalang kepedulian masyarakat melalui peningkatan kualitas lembaga, sumber daya manusia, kerjasama, dan pelayanan Mewujudkan masyarakat mandiri dan berkarakter melalui peran pemuda dengan mengintegrasikan layanan kepedulian dan pendayagunaan Memfasilitasi pengembangan kreativitas dan inovasi sosial berbasis ramah lingkungan

Peran Penting Dompet Sosial Madani Adakan Pelatihan Upgrade Skill Relawan

Diperbarui: 21 November 2022   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peran Penting Dompet Sosial Madani Adakan Pelatihan Upgrade Skill Relawan

Dompet Sosial Madani (DSM Bali) mengadakan pelatihan upgrade skill relawan yang diikuti oleh 27 peserta di Graha Dompet Sosial Madani, Denpasar. Dengan mengusung tema Bersama Peduli Sesama dan Cepat Tanggap Terhadap Bencana. 

Relawan merupakan ujung tombak dan menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan terhadap upaya penanggulangan bencana (PB) di Indonesia. Serta  ditengah keterbatasan sumber daya manusia dalam penanggulangan, maka sebatas kata peduli saja tidak cukup. Tentu diperlukan adanya pemahaman dan langkah, agar tepat dalam melakukan penanggulangan bencana.

Pelatihan diadakan dalam 2 minggu yaitu pada minggu pertama di tanggal 19-20 November 2022 dan minggu kedua di tanggal 26-27 November 2022. Rundown yang padat dimulai pukul 08.00-17.00 WITA. Kegiatan ini bekerjasama dengan 8 orang relawan terlatih baik secara individu maupun organisasi. Diantaranya adalah Tagana Kota Denpasar dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (BASARNAS BALI). 

Peran Penting Dompet Sosial Madani Adakan Pelatihan Upgrade Skill Relawan

Terlihat antusias dan penuh semangat relawan dalam mengikuti pelatihan tersebut, tanpa mengurangi protokol kesehatan. Adapun materi yang diberikan seperti Medical First Responden atau Pertolongan Pertama, kecelakan di dalam rumah, karakteristik gempa dan tsunami di bali, pembuatan eco enzim dan masih banyak lainnya. 

Peran Penting Dompet Sosial Madani Adakan Pelatihan Upgrade Skill Relawan

Dengan adanya pelatihan ini menjadi ajang silaturahmi para relawan dan dapat menambah kemampuan para relawan terutamanya pertolongan pertama pada diri sendiri ataupun sekitar. 

"Semoga kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan terus berkelanjutan. Sehingga bisa menularkan informasi kepada teman, keluarga dan tetangga sekitar, agar korban jiwa dalam kebencanaan dapat dihindari. Sebab Bencana adalah everybody business, urusan semua orang" terang Arif Widodo  selaku Tim Kebencanaan DSM

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline