Lihat ke Halaman Asli

4 Penyebab Rambut Menipis pada Wanita

Diperbarui: 16 Januari 2016   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Banyak perempuan yang ingin memiliki rambut lurus, tebal, panjang dan tergerai. Rambut yang lurus dan panjang merupakan simbol kecantikan wanita yang sempurna, karena dengan rambut tersebut wanita bisa tampul mempesona layaknya putri raja. Rambut yang lebat dan panjang juga akan menambah rasa percaya diri wanita ketika berjumpa dengan lawan jenisnya.

Namun sayangnya, tidak semua wanita dikaruniai rambut yang panjang dan lebat, ada wanita yang sejak lahir memiliki rambut yang bergelombang bahkan keriting. Bagaimanapun jenis rambut Anda, sebaiknya Anda harus mengetahui cara mencegah rambut menipis agar rambut Anda terhindar dari kerontokan maupun kebotakan.

Sebenarnya rambut tipis tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik saja, namun bisa juga disebabkan karena perawatan rambut yang kurang teratur setiap harinya.  Jika Anda ingin mengetahui apa saja yang menyebabkan rambut menipis, berikut ini penjelasannya :

  • Sering Keramas Menggunakan Air Panas
    Rambut akan menjadi lebih kering dan rapuh, ketika Anda terlalu sering keramas menggunakan air hangat. Air hangat berpotensi merusak akar rambut, sehingga perlahan-lahan rambut akan menipis, mudah rontok dan mudah patah. Keramas menggunakan air panas membuat rambut sulit menghilangkan minyak.
    .
  • Menggunakan Alat Penata Rambut yang Panas
    Protein dan kutikula rambut akan mudah rusak ketika terus-terusan mendapat suhu panas dari alat penata rambut seperti hairdryer, rebonding maupun catok rambut. Setelah kutikula rusak, keseimbangan dan kelembaban rambut jadi terganggu, sehingga lebih rentan pada kerusakan dan kerontokan.
    .
  • Salah cara mengeringkan rambut
    Kondisi rambut yang paling rapuh dan mudah rusak adalah saat sedang basah. Sebab, kutikula pelindung rambut menjadi lebih lunak, sehingga menyikat, menyisir, atau menggosok rambut dengan handuk kering akan menciptakan gerakan yang membuat rambut jadi rontok.
    .
  • Jarang keramas
    Kulit kepala menjadi gatal dan menjadi sarang ketombe ketika Anda jarang mencuci rambut. Selain itu, jarang keramas juga akan membuat rambut jadi cepat rontok dan menipis. Akibatnya, folikel rambut menjadi tersumbat sehingga rambut jadi sulit tumbuh.

  • Baca juga : Bahan Alami ini Bisa Mengobati Rambut Rontok yang Sudah Parah

Rawatlah Rambut Anda Dengan Baik Agar Rambut Tetap Sehat Setiap Hari
Itulah empat penyebab rambut menipis yang harus Anda ketahui. Semoga dengan artikel ini Anda bisa lebih hati-hati dan lebih rajin merawat rambut Anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline