Lihat ke Halaman Asli

Inilah Cara Merawat Rambut Rontok Pada Pria

Diperbarui: 31 Oktober 2015   07:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 


.
Rambut rontok
tidak akan terjadi jika kita peduli terhadap kesehatan rambut kita. Kesehatan rambut tidak saja dipengaruhi oleh perawatan rambut sehari-hari seperti keramas dan creambath, tapi juga harus diiringi dengan menjaga kondisi kesehatan fisik dan mental kita. Jika pola makan seimbang, mampu mengelola stres, dan kondisi kesehatan secara umum fit, maka rambut kita akan sehat. Meskipun demikian usia dan hormon juga berpengaruh pada rambut.

Sebelumnya, baca juga : Pria Juga Beresiko Mengalami Rambut Rontok

Kerontokan rambut paling sering dialami oleh kaum pria, seiring dengan proses penuaan dalam bentuk kebotakan. Prosesnya dimulai dengan menipisnya rambut di bagian ubun-ubun, dan merambat ke bagian rambut yang lain. Sekitar satu dari 20 pria mulai botak pada usia 20-an. Namun ini bukan disebabkan kerontokan rambut melainkan perubahan tipe rambut yang tumbuh di kepala.

Separuh dari kebotakan diwarisi oleh pria dari orang tuanya. Penyebab kerontokan pada pria yang lain adalah karena usia dan produksi hormon testosteron yang berlebihan. Kelebihan hormon ini akan menghambat folikel rambut untuk memproduksi rambut yang berkelanjutan sehingga tidak bisa tumbuh lagi. Perawatan rambut rontok pada pria bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami seperti Teh Hijau, Lidah Buaya, dan Santan Kelapa.

Tips mencegah rambut rontok pada pria secara alami adalah sebagai berikut  :

  1. Teh Hijau
    Teh hijau berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok serta mempercepat pertumbuhan rambut karena antioksidannya yang tinggi. Caranya, seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian aplikasikan seduhan teh hijau ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.
    .
  2. Lidah Buaya
    Kandungan vitamin dalam Lidah Buaya mampu meremajakan sel-sel kulit rambut yang rusak dan menjadikannya lebih sehat. Caranya, ambil potongan lidah buaya dengan daging tebal. Belah menjadi dua bagian. Usapkan ke seluruh bagian kepala dari kulit, hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian cuci rambut hingga bersih.
    .
  3. Santan Kelapa
    Santan dikenal ampuh dalam mengatasi rambut rontok dan mempercepat pertumbuhan rambut, caranya, Tambahkan parutan kelapa dan air ke dalam panci. Didihkan santan selama 5 menit, kemudian saring. Diamkan sampai dingin, dan terapkan pada kulit kepala dan rambut Anda. Tunggu sampai 20 menit, kemudia bilas rambut menggunakan air bersih.

Baca juga : Ketahuilah Penyebab Rambut Rontok Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok pada pria. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline