Lihat ke Halaman Asli

Kenapa Anda Harus Potong Rambut?

Diperbarui: 19 Oktober 2015   13:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Mungkin Anda pernah membayangkan, bagaimana jika rambut tidak pernah dipotong sama sekali? Kita akan berasumsi bahwa rambut akan terus tumbuh panjang dan lebat. Tapi pada kenyataannya tidak seperti itu, pada saat tertentu, sekitar 15 persen akar rambut akan mengalami masa istirahat atau pertumbuhan kosong dan tidak akan tumbuh lebih panjang.

Jika rambut mengalami pertumbuhan kosong, lama-kelamaan akan rontok. Anda disarankan untuk memotong rambut pada bagian ujungnya saja, atau juga bisa memotong rambut secara keseluruhan. Hal ini akan menjaga stabilitas pertumbuhan pada rambut Anda dan mencegah dari kerusakan.

Struktur rambut manusia terdiri dari batang rambut yang menonjol dari kulit kepala dan akar rambut yang berada di bawah permukaan kulit. Folikel rambut merupakan tabung yang membungkus bagian kecil dari dasar lapisan dermis. Sel di dasar folikel ini tumbuh dengan cepat untuk membentuk rambut manusia.

 Sel-sel dari dasar folikel ini akan mendorong ke atas dan mengeras sehingga mengalami pigmentasi, maka terbentuklah sehelai rambut di kepala. Proses ini akan terjadi berulang-ulang. Diperkirakan ada waktu sekitar tiga bulan, tidak ada aktivitas di dalam folikel rambut. Ini berarti tidak ada pertumbuhan rambut pada waktu-waktu tertentu di dalam kulit kepala.

Sementara itu setiap hari seseorang pasti mengalami kerontokan, kerontokan merupakan gejala rambut yang wajar, namun jika kerontokan lebih dari 100 helai per harinya, maka hal itu merupakan masalah yang harus diatasi dan diobati, agar kerontokan tersebut tidak menimbulkan kebotakan.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memotong rambut secara rutin setiap 6 sampai 8 minggu sekali. Ini tergantung dari seberapa sering rambut tersebut mendapatkan perawatan yang dapat menyebabkan kerusakan, seperti di blow dry, diwarnai atau terlalu sering terkena matahari. Rambut yang dipotong tidak perlu banyak, cukup hanya seperempat inci (0,6 sampai 1 cm) saja ini berguna untuk mencegah kerusakan rambut.

Memotong Rambut Secara Teratur adalah Simbol Perawatan Diri yang Baik

Perlu diingat pula, bahwa Anda juga diwajibkan merawat rambut secara alami agar rambut Anda tumbuh sehat, kuat, dan terhindar dari berbagai kerusakan rambut. Semoga Bermanfaat.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline