Lihat ke Halaman Asli

Iwan Berri Prima

TERVERIFIKASI

Pejabat Otoritas Veteriner

Bijak Liburan di Musim Penghujan

Diperbarui: 27 Desember 2023   05:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi orang menggunakan payung (Sumber Gambar: Freepik.com)

Liburan sekolah sekaligus liburan akhir tahun telah beberapa hari ini kita lalui. Bagi sebagian orang, momentum liburan adalah momen yang dinantikan oleh banyak orang untuk melepaskan penat dan menikmati waktu bersantai. 

Namun, ketika liburan berada di musim hujan, ada beberapa persiapan yang mesti disiapkan agar liburan menjadi lebih seru. Apalagi, liburan menjelang tahun baru.

Ada beberapa upaya yang perlu diambil untuk memastikan liburan tetap menyenangkan meskipun dihadapkan dengan cuaca hujan dan cuaca yang tidak dapat diprediksi. Menurut penulis, terdapat delapan upaya yang patut kita persiapkan menghadapi liburan di musim penghujan.

Pertama, Pemilihan Destinasi yang Tepat. Pilih destinasi yang sesuai dengan musim hujan, seperti tempat yang menawarkan keindahan alam hujan atau destinasi kota dengan fasilitas indoor yang menarik. Sebaiknya, hindari berwisata di kawasan yang rawan banjir dan rawan bencana tanah longsor.

Kedua, persiapkan Pakaian yang cukup dan sediakan Perlengkapan Cuaca Hujan. Persiapkan pakaian yang tahan air, payung, dan perlengkapan cuaca hujan lainnya agar tetap nyaman dan terlindungi dari hujan.

Ketiga, Rencanakan Aktivitas Indoor. Tetapkan rencana aktivitas dalam ruangan seperti museum, galeri seni, atau restoran dengan suasana hangat untuk menghindari dampak cuaca buruk. 

Keempat, Cek Prakiraan Cuaca Secara Berkala. Pantau prakiraan cuaca secara rutin untuk dapat mengantisipasi perubahan cuaca dan menyesuaikan rencana liburan. Saat ini, melalui aplikasi Info BMKG yang dapat diunduh di Play Store, kita dengan mudah akan mendapatkan informasi tentang prakiraan cuaca.

Kelima, upayakan menggunakan Asuransi Perjalanan. Pertimbangkan untuk mendapatkan asuransi perjalanan yang mencakup pembatalan atau perubahan rencana akibat cuaca buruk. Hal ini juga penting, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Keenam, Packing dan Bawa barang seperlunya saja. Bawa perlengkapan tambahan seperti plastik tahan air untuk melindungi barang berharga dan dokumen penting. Jangan membawa barang terlalu banyak.

Ketujuh, Transportasi yang Aman. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam perjalanan aman dan terawat dengan baik, khususnya jika perjalanan melibatkan medan yang mungkin licin atau berbahaya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline