Lihat ke Halaman Asli

Iwan Berri Prima

TERVERIFIKASI

Pejabat Otoritas Veteriner

IPB Berduka, Sang Motivator Itu Telah Berpulang

Diperbarui: 28 September 2023   06:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: iLEAD IPB

IPB University Bogor dan segenap insan pertanian nasional sedang berduka. Pasalnya, guru besar sekaligus tokoh ekonomi dan manajemen pertanian peternakan, Prof. Dr. Ir. Arief Darjanto, M.Ec meninggalkan kita semua.

Pak Arief meninggal dunia pada Selasa, 26 September 2023 pukul 22.25 WIB di Rumah Sakit Adi Husada Undaan, Surabaya.

Almarhum yang pernah menjabat sebagai Dekan Sekolah Vokasi IPB University ini dikenal sangat ramah dan santun. Bahkan, bagi penulis, beliau adalah dosen, orang tua sekaligus motivator yang dekat dengan mahasiswa. Termasuk ketika penulis mengemban amanah sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (PB IMAKAHI) periode 2006-2008. 

Untuk urusan kebijakan perekonomian, khususnya yang menyangkut sektor pertanian peternakan, beliau pakarnya. Sehingga tidak heran jika kami sering menjadikan beliau sebagai narasumber kegiatan IMAKAHI. Apalagi, ia merupakan Anggota Dewan Pakar ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) dan diberi amanah sebagai Kepala Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif IPB University.

Selain itu, dikalangan mahasiswa Pasca Sarjana, Prof. Arief Darjanto merupakan sosok yang sangat populer. Ia menjabat Direktur Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis dan kemudian menjadi Sekolah Bisnis (SB) lebih dari 10 tahun. Tepatnya pada periode 2005 -- 2016.

Arief merupakan lulusan sarjana 1 (S1) IPB tahun 1984, kemudian melanjutkan kuliah pasca sarjananya (S2) di The University Of New England, Inggris tahun lulus 1991.

Karena prestasinya di Inggris, ia pun kembali melanjutkan kuliah dengan mengambil program doktoral (S3) di kampus yang sama dan lulus pada 2000. Ia kemudian aktif menjadi anggota Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI).

Kini sang motivator itu telah tiada, Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, Semoga almarhum diterima disisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, aamiin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline