Lihat ke Halaman Asli

Iwan Berri Prima

TERVERIFIKASI

Pejabat Otoritas Veteriner

Akhirnya di Sumatera Barat Bakal Dibuka Prodi Kedokteran Hewan

Diperbarui: 12 Agustus 2023   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Penerimaan / Lowongan Pekerjaan Menjadi Dosen di Prodi Kedokteran Hewan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (Sumber: UM Sumatera Barat)

Setelah Prodi Kedokteran Hewan Universitas Riau (Unri) dibuka pada tahun ini, kini Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat juga akan membuka Program Studi (Prodi) Kedokteran Hewan di Sumatera Barat. Bahkan Prodi ini akan menjadi yang pertama dan satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Rektor UM Sumatera Barat, Riki Saputra sebagaimana dikutip dari Antara (11/08/2023), Tim pendirian Program Studi Kedokteran Hewan dibina dan diarahkan melalui Dekan Fakultas Kesehatan, Yuliza Anggraini dan dipimpin oleh Hariyadi bersama Surya Eka Priana dan Jon Afnil.

Selanjutnya, FKH UGM akan menjadi perguruan tinggi pendamping untuk mewujudkan Program Studi Kedokteran Hewan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Membuka Lowongan Kerja Menjadi Dosen

Guna mewujudkan upaya ini, UM Sumatera Barat juga telah membuka lowongan pekerjaan untuk 6 orang.

Secara umum kualifikasi yang dibutuhkan adalah bertaqwa kepada Tuhan YME, WNI, laki-laki/perempuan, Pendidikan S2/S3 linear dokter hewan, diutamakan berdomisili di Sumbar, tidak berstatus sebagai ASN, tidak sedang menjalani kontrak dengan instansi manapun dan bersedia aktif melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Prodi Kedokteran Hewan di Indonesia

Jika terwujud, maka ini akan menjadi Prodi Kedokteran hewan ke 13 di Indonesia. Adapun kampus yang telah membuka prodi kedokteran hewan di Indonesia diantaranya adalah: Universitas Syiah Kuala (USK) --- Banda Aceh, Aceh dan Universitas Riau (Unri) --- Pekanbaru, Riau. Dua kampus ini berada di pulau Sumatera.

Kemudian, ada di Institut Pertanian Bogor (IPB University) --- Bogor, Jawa Barat, Universitas Padjadjaran (Unpad) --- Bandung, Jawa Barat, Universitas Gadjah Mada (UGM) --- Sleman, Yogyakarta, Universitas Airlangga (Unair) --- Surabaya, Jawa Timur, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) --- Surabaya, Jawa Timur dan Universitas Brawijaya (UB) --- Malang, Jawa Timur, Keenam kampus ini berada di pulau Jawa.

Selain itu, ada di Universitas Udayana (Unud) --- Denpasar, Bali dan di Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) --- Mataram, Nusa Tenggara Barat, dan Universitas Nusa Cendana (Undana) --- Kupang, Nusa Tenggara Timur. Ketiga kampus ini berada di pulau Bali, Pulau Lombok dan pulau Timor.

Selanjutnya, ada di Universitas Hasanuddin (Unhas) --- Makassar, Sulawesi Selatan dan sementara ini menjadi satu-satunya kampus kedokteran hewan di pulau Sulawesi.

Sejauh ini, prodi Kedokteran Hewan belum ada di pulau Kalimantan. Padahal, Kalimantan merupakan calon Ibukota Negara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline