Lihat ke Halaman Asli

Dodi Putra Tanjung

Penggiat Sosial

Berpolitik Jangan Baper!

Diperbarui: 23 Desember 2023   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar : Galeri Dodi Putra Tanjung

 

Oleh: Dodi Putra Tanjung

Dunia politik memang keras. Orang-orang yang mengarunginya tidak boleh baperan (membawa segala sesuatu kedalam perasaan). Dibutuhkan jiwa yang besar, pikiran yang tajam, dan kedewasaan politik. Dalam politik, diperlukan juga sebongkah hati yang siap tersakiti, siap ngenes, siap terbakar dan siap juga merendah.

Hari ini kita disuguhkan narasi etik dalam kontestasi politik menjelang 2024. Kadang para politikus atau mereka yang memperebutkan kekuasaan memang tidak memiliki etik. Begitulah budaya politik. 

Etik adalah kumpulan asas atau nilai yang berkaitan dengan akhlak dan juga nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Benar dan salah selalu di pandang sesuai sudut yang memandangnya.

Dulu Gibran dijadikan walikota oleh Megawati dengan PDIP-nya. Sekarang tega melukai hati PDIP dengan menjadi cawapres partai lain. Padahal PDIP sendiri sudah punya pasangan yang diusungnya. Jokowi sebagai presiden yang mesti netral dan lebih dulu diorbitkan Mega bukannya mencegah nafsu anaknya, tapi malah terkesan memberi karpet merah. Padahal Gibran masih menjabat walikota.

Dulu Nasdem pendukung berat Jokowi, sehingga apapun yang berhubungan dengan Nasdem dan Paloh sangat dibenci, bahkan stasiun Televisi milik Paloh pun akan di boikot, tapi sekarang kondisi berbeda. Begitupun PKB, bagian dari Rezim Jokowi.

Musim kampanye sedang berjalan, jangan lupa perhelatan Pilpres yang berlalu. Kita ingat, bahwa Prabowo dua kali menjadi lawan politiknya Jokowi dalam pilpres, sekarang cawapresnya Prabowo adalah anak sulungnya Jokowi. 

Mahfud MD pernah masuk jadi tim pemenangan Prabowo, sekarang jadi cawapresnya Ganjar dengan lawan politik Prabowo. 

Anies Baswedan pernah satu kubu dengan Jokowi, dan pernah juga satu kubu dengan Prabowo, sekarang jadi lawan politik dari keduanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline