Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Olahraga pada Otak dan Tubuh

Diperbarui: 4 Desember 2023   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mengapa olahraga sangat penting untuk otak dan tubuh? Kebugaran fisik melalui olahraga adalah salah satu nasihat paling umum yang ditawarkan oleh Petugas Medis di seluruh planet ini. Ada banyak manfaat dari berolahraga jika dilakukan dengan benar. Beberapa yang paling umum termasuk peningkatan aliran darah, penurunan berat badan, kebugaran tubuh, dan juga penghilang setres.

Jadi pada opini ini berfokus pada beberapa manfaat langsung dari olahraga pada otak dan tubuh. Menurut artikel kesehatan yang diterbitkan oleh Harvard, olahraga membantu membawa aktivitas fisik baik secara langsung maupun tidak langsung, mengurangi insulin, resistensi, peradangan, dan merangsang pelepasan faktor pertumbuhan di otak yang mempengaruhi pertumbuhan sel darah baru.

Faktor pertumbuhan ini juga mendorong kelimpahan dan kelangsungan hdup sel darah baru, menjaga otak tetap sehat secara tidak langsung, meningkatkan aktivitas otak dan juga meningkatkan mood dan tidur, serta mengurangi masalah setress dan kecemasan kita.

Yang Pertama : Meningkatkan Memori.

Studi yang dilakukan pada hipokampus diatara anak-anak, dewasa, dan orang tua telah menunjukan bahwa struktur otak tumbuh setelah latihan aerobik. Hipokampus adalah bagian dari otak yang menyimpan memori dan oleh karena itu penting untuk belajar.

Yang Kedua : Meningkatkan Konsentrasi.

Olahraga meningkatkan kemampuan untuk fokus pada satu tugas, mengabaikan gangguan, dan juga memanipulasi informasi. Latihan aerobik meningkatkan retensi diantara siswa dan karena itu penting untuk anak-anak, dewasa , dan juga orang tua.

Yang Ketiga : Meningkatkan Kesehatan Mental.

Olahraga fisik adalah penambah suasana hati yang hebat, pengalaman prasaan gembira setelah latihan itu ada dan harus digunakan sebagai alternatif stress. Sebuah penelitian tahun 2010 dilakukan selama 8 minggu menunjukkan penurunan amigdala yang signifikan setelah yoga dan meditasi. Amigdala adalah bagian dari otak yang terlibat dalam pemrosesan stress, ketakutan, dan kecemasan.

Yang Keempat : Memperlambat Penurunan Kognitif.

Keterlambatan dalam olahraga akan menimbulkan keausan mental dan dimensia terutama dikalangan orang tua, maka halaman adalah tempat untuk lathan pada kehidupan awal untuk menghindari penyakit mental. Itu datang dengan semua penelitian yang di terbitkan di neurology menunjukkan bahwa wanita yang sehat secara fisik di abad pertengahan 88% lebih kecil kemungkinan untuk mengembangkan dimensia, dari pada rekan-rekan mereka yang hanya cukup bugar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline