Lihat ke Halaman Asli

Doddy Salman

pembaca yang masih belajar menulis

(KJOG) Ayam Taliwang Rasa Jogja

Diperbarui: 7 April 2017   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang rasa Jogja. Begitulah komentar singkat dan pas untuk kuliner di Rumah Makan Sari Taliwang Yogyakarta.Rasa pedas khas makanan Lombok ini tetap terasa diseling manis rasa Jogja. Tabrakan pedas manis itulah yang membuat daging ayam kampung yang dikunyah dimulut berasa nikmat. Manisnya tentu tak semanis gudeg Jogja. Pedasnya ayam taliwang tetap dominan membuat lidah menari dan keringat lumayan menetes.

Sebagai kota budaya Yogyakarta memang tak hanya khas dengan kreatifitas seni namun juga wadah budaya beragam kuliner.Kehadiran beragam suku bangsa Indonesia menjadi keniscayaan karena posisi sebagai kota pelajar. Keragaman budaya diantaranya muncul dengan beragam makanan khas daerah yang meladeni kerinduan makanan asal. Di antaranya ya ayam taliwang.

Makanan ayam taliwang adalah salah satu makanan khas asal Lombok Nusa Tenggara Barat. Biasanya ayam taliwang adalah ayam kampung yang diramu dengan bumbu tertentu kemudian dibakar. Namun yang paling diingat dari ayam taliwang ini ya pedasnya. Tak heran ketika seseorang mengaku menahan malu saat pertama kali menyantap ayam taliwang karena harus bermandikan keringat!

dede-makan-58e71162c823bdfa526e71da.jpg

Agar menyantap ayam taliwang tanpa perlu bermandi peluh Rumah Makan Sari Taliwang memodifikasi rasa ayam taliwang.Tetap pedas dan sedikit manis itulah hasil negosiasinya. Sehingga petualangan rasa Lombok tetap ada walau manis sebagai domisili Yogyakarta tetap ada.

nasi-balap-58e711bd8923bd7b100a3fdf.jpg

Selain ayam taliwang Rumah Makan Sari Taliwang juga menghadirkan menu nasi balap. Nasi putih dengan kering kentang, ditaburi serundeng atau serutan kelapa kering asli Lombok. Lauknya bisa pilih antara ayam atau daging.Dengan Rp 10 ribu-Rp11ribu sepiring nasi balap pun siap dilahap.

logo-sari-taliwang-58e712186ea8342b048b4567.jpg

Posisi Rumah Makan Sari Taliwang berdekatan dengan kampus Universitas Sanata Dharma Mrican Yogyakarta. Tepatnya Jl.Mozes Gatotkaca Caturtunggal A-14 Sleman Yogyakarta.Buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam. Penasaran kan menikmati ayam taliwang rasa jogja dan nasi balap nya?



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline