Lihat ke Halaman Asli

13 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Harus Pinjam ke Bank

Diperbarui: 22 Maret 2017   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : www.dlsschooling.com

Saat ini untuk memiliki bisnis pribadi tentunya bukan hal asing. Banyak sekali anak muda yang berbondong-bondong membangun kreatifitasnya untuk membuatnya sebagai lahan usaha. Belajar mandiri, mengasah skill dan mendapatkan keuntungan. Biasanya ini tindakan bagi mereka yang tidak lagi ingin menjadi “salary man”.

Sayangnya mimpi memiliki bisnis tersebut kerap kali harus terkubur oleh tidak adanya modal. Keterbatasan modal kerap membuat calon pengusaha patah arang sebelum waktunya. Padahal, ada banyak sekali cara untuk mendapatkan modal usaha tanpa perlu repot mengajukan pinjaman ke Bank.

13 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Harus Pinjam ke Bank

  1. Mendapatkan Modal Usaha Utama Dengan Menyisihkan Uang Tabungan

Salah satu sumber termudah untuk mendapatkan modal usaha utama yaitu dari kocek pribadi. Selain itu akan menjadi minim resiko dan terhindar dari beban biaya tambahan atau bunga pinjaman.

Misalkan seperti gajimu selama 1 bulan adalah Rp. 2.000.000,-

Modal yang kamu butuhkan adalah sejumlah Rp. 15.000.000,-

Kamu bisa menyisihkan Selama per-bulannya RP. 750.000,-

Dalam waktu kurang dari 2 tahun, target untuk mengumpulkan seluruh modal yang kamu butuhkan dapat tercapai. Lumayan kan.!

Siapkan diri dan tahan terhadap godaan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Dengan menyisihkan uang tabungan dan gaji setiap bulannya, uang yang terkumpul dapat digunakan untuk modal usaha.

  1. Menjual kembali barang-barang atau asset kamu yang sudah tidak terpakai dan masih layak

Coba untuk melihat kesekitar area kamu, masih adakah barang yang sudah tidak terpakai atau jarang dipakai tetapi masih layak digunakan. Daripada hanya jadi barang using dimakan waktu, kamu bisa menjual kembali barang-barang atau asset kamu tersebut untuk bisa menghasilkan uang dan menjadi uang tambahan untuk modal usaha.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline