Lihat ke Halaman Asli

Merajut Masalalu dengan Teknologi, Pengalaman Belajar Interaktif di Museum History of Sundaland

Diperbarui: 22 Maret 2024   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dalam era digital ini, memupuk rasa cinta pada sejarah dan budaya leluhur bagi generasi milenial memerlukan pendekatan yang inovatif dan menarik. Pendidik dan guru memiliki peran krusial dalam mengarahkan generasi muda untuk menghargai warisan budaya melalui penggunaan teknologi dalam pendidikan. Salah satu contoh terbaik dalam upaya ini adalah integrasi antara pengetahuan sejarah dan teknologi di Museum History of Sundaland, yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Museum ini menawarkan sebuah pendekatan berstandar Merdeka Belajar, memadukan pengalaman belajar sejarah dan teknologi dalam satu paket edukatif yang menyenangkan dan interaktif. 

Input sumber gambar

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam museum bukan hanya mengubah cara kita belajar tentang masa lalu, tapi juga membuka peluang baru dalam pendidikan. Dengan menggunakan alat seperti Realitas Tertambah (Augmented Reality), QR Movie, dan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), Museum History of Sundaland membawa pengalaman imersif kepada pelajar dan pengunjung, membuat sejarah hidup dan lebih relevan bagi generasi milenial. Ini adalah praktik nyata dari konsep museum berbasis teknologi IT yang mendukung kurikulum Merdeka Belajar, memperkaya materi pembelajaran dengan konten yang menarik dan mendidik. 

Input sumber gambar

Kunci dari pendekatan ini adalah memastikan bahwa pengalaman belajar tidak hanya menyenangkan tetapi juga holistik, kontekstual, berfokus pada peserta didik, dan eksploratif. Pendekatan holistik mengundang para pelajar untuk melihat sejarah dan budaya secara menyeluruh, memahami nilai dan filosofi yang melandasinya. Dengan konteks kehidupan masyarakat Sunda yang kaya, pelajar dapat mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai kearifan lokal telah bertahan dan berkembang. 

Input sumber gambar

Mengedepankan pelajar sebagai pusat proses pembelajaran menunjukkan pentingnya memberikan ruang bagi mereka untuk bereksplorasi dan mengembangkan pemahaman mereka sendiri. Teknologi di museum berperan sebagai jembatan yang menghubungkan masa lalu dengan kekinian, mendorong interaksi yang lebih dalam dan pribadi dengan sejarah.

Input sumber gambar

Kesimpulan, dengan menyediakan pengalaman belajar yang integratif dan menarik di Museum History of Sundaland, para pendidik dan guru dapat memperkaya kurikulum mereka, memperkenalkan siswa pada warisan budaya melalui lensa teknologi terkini. Pendekatan ini tidak hanya mendidik tetapi juga menginspirasi, membuka jendela baru bagi generasi milenial untuk memahami dan menghargai kekayaan sejarah dan budaya. Di Karawang, Jawa Barat, sebuah pengalaman edukasi yang unik menanti untuk membuka mata generasi masa depan terhadap keajaiban masa lalu. Bagaimana Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk memperdalam pengalaman belajar sejarah dan budaya di lingkungan edukatif Anda?

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline