Lihat ke Halaman Asli

Belajar Karakter Anak yang Multikultur dari 6 Sahabat Minilemon

Diperbarui: 31 Juli 2023   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Profil 6 Sahabat Minilemon (Dok. Minilemon)

Petualangan ke penjuru Nusantara demi sebarkan nilai-nilai kebaikan pada seluruh anak yang ditemui? Betapa mulia tugas yang diberikan Kakek Djoyo kepada 6 sahabat Minilemon bertubuh bulat dan kuning! Panggil saja Memey, Ucup, Slamet, Minggus, Togar, dan Wayan. Keenam sobat dari Kampung Minilemon ini sering dibantu oleh Bibie si tokoh teknorat. Semuanya memiliki karakter yang baik serta punya kelebihan diri masing-masing. Persahabatan diantara mereka pun dapat dijadikan teladan bagi anak Indonesia. Seperti halnya kita belajar bahwa perbedaan identitas kesukuan, agama, dan hoby pribadi, sejatinya bukan halangan untuk saling menyayangi.

Itulah mengapa cerita kartun animasi berjudul Minilemon tersebut memang punya keistimewaan tersendiri. Yuk perlahan-lahan mengupas karakteristik para tokohnya dimulai dari pemilihan konsep fisiknya terlebih dulu. Tentu apalagi kalau bukan buah-buahan lemon kuning segar berwajah khas Indonesia banget! 

Pertanyaan penting nih, lantas mengapa sang pencipta kartun animasi minilemon, yaitu Bapak Reno Halsamer dari D'Topeng Kingdom Foundation, memilih keunikan lemon dan topeng sekaligus?

KARAKTER MINILEMON : TUBUH LEMON, WAJAH TOPENG NUSANTARA

Penggabungan buah lemon bersama karakter topeng nusantara bukanlah tanpa tujuan berarti. Lemon sangat menyehatkan terutama di masa pandemi covid-19. Itulah mengapa Minilemon juga digambarkan sebagai anak-anak sehat sehingga mampu menjelajah Indonesia. Sedangkan budaya topeng pada raut wajah Minilemon merupakan simbolisasi visual yang menggambarkan karakter jiwa manusia. Seperti berikut ini penokohan jenaka Minilemon :

1. MINGGUS 

Minggus yang dibesarkan di Tanah Papua memiliki sifat mandiri serta pandai memimpin. Meski tubuhnya paling besar namun Minggus berhati lembut dan penyabar. Ia sangat suka bernyanyi dan bermain musik. Impian besarnya kelak menjadi raper profesional. 

Minggus (Dok. Minilemon)

2. SLAMET 

Slamet anak soleh yang sopan dan patuh pada orangtua. Ia seorang anak Pondok di Jawa Tengah. Sangat pandai akalnya dan pantang menyerah. Slamet selalu senang hati membantu teman-temannya.

Slamet (Dok. Minilemon)

3. MEMEY  

Memey satu-satunya Minilemon anak perempuan diantara teman-teman se-kampung. Ia selalu terlihat ceria dan bersifat paling dewasa. Salah satu hoby Memey adalah menulis puisi namun Ia juga cerdas berbisnis.

Memey (Dok. Minilemon)

4. UCUP

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline