Lihat ke Halaman Asli

Taman Kuliner Blok 1

Diperbarui: 30 Mei 2024   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Dokumen pribadi

Berawal dari berdirinya Sekolah Harapan Abadi tingkat SD di kawasan Perumahan Muara Karang Blok 1, di pertengahan tahun 1980an. Keberadaan sekolah ini mengundang beberapa pedagang kaki lima berdagang di sekitar sekolah tersebut. Mereka mulai membuat tenda-tenda darurat mengelilingi lapangan fasum perumahan, yang dijadikan lapangan basket, volly, olahraga dan lain-lain.

 Sekolah berkembang pesat, mereka membuka kelas untuk tingkat SMP kemudian tingkat SMA. Peningkatan jumlah siswa diikuti peningkatan jumlah pedagang, juga ragam jualannya. Hunian komplek pun semakin penuh. Sekitar akhir tahun 1990an Sekolah Harapan Abadi pindah ke kawasan Pantai Indah Kapuk.

 Rumah-rumah penduduk di tepi jalan utama mulai beralih fungsi menjadi tempat usaha dan perkantoran. Taman Kuliner menjadi penyedia jasa makan, minum dan jajan yang murah meriah dan enak. Meskipun Sekolah Harapan Abadi telah pindah, namun pelanggan mereka tidak berkurang. Kini, pelanggan meliputi karyawan kantor, bank dan Mall Baywalk. Tidak ketinggalan penghuni di sekitaran Blok 1 menjadi pelanggannya juga.

Sumber gambar: Dokumen pribadi

 Sekitar tahun 2000an, para pedagang mulai merasakan kebutuhan menata tempat berdagang yang sedikit lebih nyaman bagi pelanggannya. Mereka membutuhkan tenda satu atap. Untuk kepentingan ini mereka membentuk paguyuban dengan nama: Paguyuban Pedagang Kaki Lima. Dengan pengurus terdiri dari :

* Ketua = Yoris / Toto merangkap anggota.

* Sekretaris = Joko Siswanto merangkap anggota.

* Bendahara = Rifa'i (pay) merangkap anggota.

Anggota paguyuban adalah seluruh pedagang kaki lima di Blok 1 RW 02 Muara Karang. Iuran per hari Rp. 5.000,- per pedagang.

 Nama-nama pedagang dan jenis jualan :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline