Lihat ke Halaman Asli

Djulianto Susantio

TERVERIFIKASI

Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Tiada Hari Tanpa Menulis karena Menulis Bekerja untuk Keabadian

Diperbarui: 13 Maret 2022   06:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa buku karya Berthold Sinaulan (Dokpri)

Kompasianer ini cukup produktif menerbitkan buku. Ada tentang pramuka dan ada tentang puisi. Juga tentang catatan harian. Sebagai anggota tim penulis buku, juga pernah ia lakoni. Berty Sinaulan, begitulah nama sang Kompasianer itu. Nama lengkapnya Berthold Sinaulan.

Buku terbaru yang ia luncurkan pada 22-2-22 lalu adalah Baden-Powell (Kumpulan tulisan menyambut 165 tahun Bapak Pandu Sedunia Lord Baden-Powell) dan Memoar Desember (Berisikan catatan harian tiap hari selama Desember 2021).

Saya telah menuliskan buku Baden-Powell [di sini].

Sekarang saya ingin menginformasikan buku Memoar Desember. Siapa tahu teman-teman Kompasianer ingin membelinya.

Buku Memoar Desember (Dokpri)

Catatan kegiatan

Dalam buku Memoar Desember, Berthold Sinaulan menggunakan nama panggilannya, Kak Be. Maklum Kak Be adalah seorang pramuka senior. Saat ini Kak Be menjadi Wakil Ketua Kwarnas bidang Kehumasan dan Informatika loh. Maklum, Kak Be lama menjadi jurnalis surat kabar harian. Ia juga seorang arkeolog.  

Buku Memoar Desember berisikan berbagai catatan tentang kegiatannya selama Desember 2021. Sebagai pramuka, Kak Be menulis tentang Baden-Powell, museum gerakan pramuka, aktivitas pramuka dalam kegiatan daring, dan aktivitas beliau di Cibubur.

Buku itu berisi pula catatan tentang kegiatan lain yang menyangkut hobi filateli (koleksi prangko dan benda pos lain), termasuk hobi saling berkirim kartu pos di dalam komunitas Postcrossing. Pengalaman ketika sakit, ikut dirangkum dalam catatan harian ini.

Total ada 31 tulisan dalam buku setebal 190 halaman itu. Belum termasuk prolog dan epilog. Buku Memoar Desember dicetak oleh CV Kanaka Media di Surabaya. Nomor ISBN-nya 978-623-258-878-3. Memoar selama satu bulan saja cukup tebal, bagaimana kalau memoar setahun, wow...

Memoar Desember diberi kata pengantar oleh Djoko Adi Walujo, seorang Andalan Nasional Gerakan Pramuka yang juga seorang Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI).  "Kadang saya jadi terheran-heran proses kreatif yang dimiliki Kak Berthold Sinaulan atau Kak Be. Ada saja yang menjadi titik cermatnya, imajinasinya liar tak terbatas. Andaikan danau tak bakalan kering kendati kemarau berlama-lama tak mau beralih hujan," demikian Kak Djoko, dalam judul 'Catatan Seorang Sahabat'.

Daftar isi buku Memoar Desember (Dokpri)

Kebiasaan menulis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline