Lihat ke Halaman Asli

Djulianto Susantio

TERVERIFIKASI

Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

"Raja Segala Obat" Itu Mampu Mengobati Infeksi, Radang, Hingga Luka Operasi

Diperbarui: 23 Desember 2021   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi toko obat Tionghoa di Pancoran, Jakarta Kota (Sumber: law-justice.co)

Nama Pien Tze Huang sudah cukup lama dikenal di Indonesia. Ketika isteri saya operasi caesar pada 1994, ia meminum obat itu. Saban hari selama satu minggu. Maka luka bekas jahitan caesar cepat kering. Begitulah Obat Dewa. 

Pien Tze Huang memang nama obat yang sudah populer ke segala penjuru dunia. Sebenarnya obat itu berbentuk padat. Namun agar mudah diminum, bisa digerus lalu dimasukkan ke dalam kapsul. Waktu itu saya bawa ke toko obat Tionghoa dan minta dijadikan tujuh kapsul. Jadi setiap hari minum satu kapsul. Ketika itu harga sebungkus sekitar Rp 400 ribu. Sekarang sudah sekitar Rp 1,6 juta.

Dalam bahasa Mandarin Pien Tze Huang berarti dapat menyembuhkan peradangan (huang) hanya dengan satu tablet (pien). Obat yang dijuluki "Raja Segala Obat{" ini boleh dikatakan berharga tinggi. Namun banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain diminum, obat ini bisa ditaburi di atas luka atau borok. Misalnya di atas luka akibat penyakit diabetes.

Obat Pien Tze Huang dalam kemasan besar dan kecil bersama alat penumbuk obat (Sumber: sehatq.com)

Legendaris

Menurut tionghoa.info, khasiat obat Pien Tze Huang telah terbukti dan digunakan turun-temurun dalam kurun waktu ratusan tahun. Menjadi salah satu obat legendaris yang banyak digunakan oleh etnis Tionghoa untuk menyembuhkan luka dan menjaga kesehatan.  

Pien Tze Huang mulai dikenal sejak 1555. Namun ramuan serta komposisinya tetap dijaga kualitasnya hingga saat ini. Diperkirakan, obat ini mulai beredar luas di Asia Tenggara khususnya wilayah Indonesia sejak terjadinya perang. Pada saat itu, ada cukup banyak tentara yang terluka karena luka tembak, luka bacok, gigitan ular, dan penyakit lainnya.

Pien Tze Huang dibuat dengan teknik peracikan khusus. Berbagai khasiatnya sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah. Bahkan, menurut sehatq.com, sudah dipublikasikan di jurnal ilmiah Molecules.  

Obat tradisional Tiongkok ini kian populer. Produknya banyak dijual di marketplace dengan kemasan berbeda-beda. Ini menunjukkan ada beberapa produsen obat itu. Untuk membeli obat tersebut, tentu saja perlu melihat tanda terdaftar yang dikeluarkan BPOM. Siapa tahu ada produk Pien Tze Huang palsu. Soalnya di Tiongkok, Pien Tze Huang palsu banyak beredar.

Maklum ramuan ini diturunkan secara turun temurun dan dijaga kerahasiaannya sampai sekarang. Saat ini Pien Tze Huang telah menjadi pusaka negara Tiongkok.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline