Lihat ke Halaman Asli

Djulianto Susantio

TERVERIFIKASI

Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Koin Kerajaan-kerajaan Nusantara Ada di Museum Uang Sumatera

Diperbarui: 4 Mei 2020   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koin emas Kesultanan Makassar (Foto: Museum Uang Sumatera)

Kalau di Jakarta ada Museum Bank Indonesia (MBI), di Medan ada Museum Uang Sumatera (MUS). Keduanya sama-sama memamerkan uang-uang lama atau kuno yang pernah beredar di Nusantara. Yang membedakan hanya pemilik museum. MBI milik pemerintah, sementara MUS milik swasta.

MUS menempati Gedung Juang 45 Sumatera Utara, Jalan Pemuda No. 17. Daerahnya dikenal sebagai Medan Maimun. MUS buka setiap hari pukul 09.00-17.00. Seperti halnya di banyak daerah, pada masa pandemi Covid-19 ini museum ditutup. Tujuannya tentu untuk memutus persebaran virus korona.

Koin Kerajaan Batubara 1158 H atau 1745 M (Foto: MUS)

Uang kerajaan/kesultanan

MUS masih berusia muda karena didirikan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2017. Jadi masih balita karena baru berulang tahun ke-3 dua hari lalu.   

MUS memamerkan uang yang pernah digunakan masyarakat pada era revolusi fisik di Sumatera Utara. Revolusi fisik terjadi pada 1947-1949 karena agresi militer Belanda I dan II. Ketika itu hubungan pusat dengan daerah terputus. Maka daerah-daerah di Jawa dan Sumatera diperkenankan oleh pusat untuk mencetak uang sendiri. Pada masa itu uang-uang tersebut disebut ORIDA (ORI Daerah). ORI sendiri singkatan dari Oeang Repoeblik Indonesia. Khusus di Sumatera disebut ORIPS atau URIPS (dengan ejaan baru), singkatan dari Uang Republik Indonesia Provinsi Sumatera.

Kalau ORIDA dan URIPS berbahan kertas, MUS memiliki koleksi uang logam (koin) dari sejumlah kerajaan/kesultanan yang pernah ada di Nusantara. Koleksi koin kerajaan di MUS boleh dibilang terlengkap di Indonesia. Di sini, misalnya, ada koleksi koin dari Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, dari masa klasik atau Hindu-Buddha, sebagaimana babakan sejarah dalam arkeologi. Ada juga dari periode Islam, seperti Kerajaan Samudera Pasai, Aceh, Jambi, Riau-Lingga, Palembang, Deli, Batubara, Demak, Cirebon, Banten, Makassar, Gowa, Buton, Banjarmasin, Tidung, dan Pontianak. 

Dalam foto tampak koin emas Kesultanan Makassar, era Sultan Muhammad Said dari masa 1639-1653 Masehi. Nominalnya ¼ Dinar. Kesultanan Makassar merupakan kesultanan Islam di Sulawesi bagian Selatan. Pada mulanya berupa kerajaan-kerajaan kecil yang saling bertikai. Kemudian daerah ini dipersatukan oleh Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo menjadi Kesultanan Makassar.

Foto lain berupa koin Kerajaan Batubara 1158 H atau 1745 M. Pada koin terdapat tulisan Arab Melayu. Kerajaan Batubara di mana yah? Kalau sekarang masih dikenal marga Batubara, bisa jadi mereka masih ada hubungan dengan kerajaan itu.

Yang menarik, ada sejumlah koleksi berasal dari beberapa kerajaan di kawasan ASEAN, yakni Kerajaan Malaka, Kelantan, Johor, Perak, Pahang, Kedah, Patani, Sarawak, Trengganu, Brunei, dan Siam.

Mesin cetak ORIDA Tapanuli (Foto: MUS)

Mesin cetak uang

Di MUS dipamerkan juga mesin cetak uang, sebagaimana dikemukakan pendiri MUS, Bapak Saparudin Barus. Mesin cetak yang ada di sini pernah digunakan untuk mencetak ORIDA Tapanuli. Pak Barus ini seorang militer dan kolektor, jadi sering bertugas ke berbagai daerah sekaligus mencari koleksi yang belum ada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline