Lihat ke Halaman Asli

Kontak Mata Sebagai Model Komunikasi Nonverbal

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pengantar

Kontak mata merupakan alat komunikasi nonverbal paling penting. Hal ini memungkinkan Anda untuk berhubungan dengan audiens dalam memproyeksikan kesungguhan dan keterbukaan, dan menjaga perhatiannya. Apakah kontak mata Anda agresif, apakah lunak, apakah itu mengundang, apakah Anda dapat mengasihi dengan mata? Kontak mata adalah seni namun sangat sulit untuk menguasainya, tetapi penting untuk menghasilkan komunikasi yang efektif.

Kontak mata memberikan informasi sosial terhadap orang yang Anda ajak mendengarkan dan berbicara. Terlalu banyak kontak mata akan dipandang sebagai seseorang yang agresif, kontak mata Anda yang terlalu sedikit, dapat dipandang sebagai seseorang yang tidak memiliki kepentingan didepan lawan bicara Anda.

Mempertahankan kontak mata tidaklah mudah bagi sejumlah orang (baik dalam memberi dan menerima hal tersebut), ini merupakan keterampilan komunikasi nonverbal pikiran bawah sadar (subliminal) yang Anda miliki dan sering diabaikan ketika berkomunikasi dengan orang lain, Meskipun pesan nonverbal subliminal tidak menciptakan kesadaran pada tingkat pikiran sadar, namun masih tetap mempengaruhi penerima, bahkan, pesan nonverbal subliminal sering lebih kuat dibandingkan pesan nonverbal pikiran sadar, dan ada beberapa masalah budaya yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakannya, sehingga Anda perlu memastikannya sebelum menggunakan kontak mata secara cermat dalam memproyeksikan pesan nonverbal secara tepat.

Tanda-tanda Fisiologis Kontak Mata

Para pedagang yang menggelar dagangannya di  jalanan mengetahui pentingnya kontak mata saat menggunakan keahlian mereka dalam menjual produknya agar calon  pembeli potensial mereka tertarik. Salah satu tanda fisiologis atau simbol pesan nonverbal yang dapat mereka terima adalah ketika Anda terangsang atau tertarik pada suatu objek maka  pupil mata ( pusat daerah transparan berwarna hitam di mata) Anda akan membesar dan ini merupakan isyarat besar bagi salesman di seluruh dunia.

Penggunaan Kontak Mata Dalam Komunikasi Sehari-hari

Mata merupakan indra yang menjadi pedoman banyak psikolog ketika berbicara dengan para pasiennya. Karena mata akan dapat bercerita banyak tentang apa yang tengah terjadi pada pasien bersangkutan. Kebohongan, kejujuran dan ketulusan akan terlihat di mata. Oleh karena itu, belajarlah untuk menatap dengan jujur, tulus dan lurus.

Kondisi tertentu seringkali menuntut penggunaan kontak mata yang berbeda. Sebagai contoh jika Anda sedang berdebat, Anda terlihat sebagai kuat jika Anda dapat menahan pandangan Anda. Jika Anda tertunduk kepada seseorang akan  lebih baik merendahkan mata Anda, jika Anda mencintai seseorang adalah baik menatap ke dalam kolam mata lawan bicara Anda.

Lalu bagaimana Anda bisa membuatnya lebih baik? Berikut adalah beberapa tips untuk membantu dan memperbaiki keterampilan dalam menggunakan kontak mata Anda sebagai proyeksi pesan nonverbal dalam proses komunikasi.

Durasi - Pertimbangkan berapa lama Anda menatap mata seseorang ketika Anda berbicara. Kebanyakan orang hanya bisa melihat pada mata seseorang selama paling lama tiga detik sebelum tatapan dari salah satu seseorang audien kita pergi. Hal ini karena kontak mata mampu mengekspresikan keintiman, dan sebagai pandangan langsung yang lebih lama, akan menjadikan  perhatian yang lebih intens.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline